Apa pun alasan anda ingin membuat blog, saya pikir ini keputusan yang bagus! Tetapi anda mungkin merasa sedikit kewalahan, bukan? Ada begitu banyak informasi di luar sana sehingga sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang perlu anda lakukan untuk memulai sebuah blog. Dan untuk saling berbagi, saya sudah mencoba untuk mengumpulkan semua yang perlu anda ketahui tentang memulai blog khusus dalam postingan ini.

Tanpa meninggalkan halaman ini, anda akan belajar cara memilih topik blog, langkah-langkah teknis untuk membuat website untuk blog anda, cara menyesuaikan tampilan dan fungsi blog anda, dan banyak lagi! Saya akan memandu anda melalui seluruh proses dengan banyak tangkapan layar sehingga, apa pun tingkat pengetahuan teknis anda, anda tetap akan dapat mengikuti dengan begitu mudah. Semakin cepat kita memulai, semakin cepat anda dapat mulai menerbitkan posting blog. Jadi mari selami!

4 Pertanyaan Umum Tentang Cara Memulai Blog

Ketika anda bersiap untuk memulai proses membangun blog, anda mungkin memiliki beberapa pertanyaan yang memantul di pikiran anda. Jangan khawatir, itu cukup normal kok! Bahkan, ada beberapa pertanyaan umum yang diajukan hampir setiap blogger pemula, itulah sebabnya saya akan memberikan jawaban di muka sehingga anda tahu persis apa yang diharapkan dari proses ini!

Berapa lama untuk memulai blog?

Meskipun sulit untuk menetapkan kerangka waktu pada proses kreatif dalam memilih topik blog, namun setelah anda tahu apa yang ingin anda tulis, maka anda dapat mengetahui proses teknis memulai blog hanya dalam 20-30 menit. Dan ini benar-benar lebih mudah daripada yang anda kira!

Apakah mahal untuk memulai blog?

Nggak juga tuh! Meskipun metode yang saya sarankan tidak 100% gratis, namun anda dapat memulai dengan blog anda sebesar Rp. 300.000 saja untuk tahun pertama, murah bukan?

Bisakah saya menggunakan platform gratis untuk memulai blog?

Platform gratis tidak masalah untuk blog hobi. Tetapi kenyataannya adalah anda hanya memiliki sedikit atau tanpa kontrol dengan platform gratis, dan jika platform tersebut ditutup, anda akan kehilangan blog anda. Metode yang akan saya tunjukkan kepada anda memberi anda kendali paling besar, melindungi konten anda dan sangat ideal jika anda ingin mendapatkan uang dari blog anda.

Apakah saya harus pintar pemograman untuk memulai blog?

Nggak! Selama anda merasa nyaman menggunakan komputer dan menjelajahi Internet, anda seharusnya tidak kesulitan memulai blog anda sendiri. Tidak diperlukan pengetahuan khusus untuk ini.

Nah dalam postingan kali ini anda akan belajar lebih banyak tentang semua topik ini dalam panduan ini. Tetapi sebelum saya menggali rincian seluk beluk, saya ingin memberi anda pandangan sekilas tentang langkah-langkah teknis aktual yang harus anda ambil untuk meluncurkan blog pertama anda. Ada beberapa aspek kreatif dan berikut adalah langkah-langkah yang perlu anda ambil:

  • Mendaftarkan nama domain – Ini adalah alamat permanen blog anda di Internet.
  • Membeli hosting situs web – Ini adalah mesin yang benar-benar memberi kekuatan pada blog Anda.
  • Menginstal WordPress – Ini adalah platform terbaik untuk membuat blog.
  • Mengatur blog anda dan mulai menulis – Ini adalah bagian yang menyenangkan!

Baiklah langsung saja kita to the point, yuk kita jelajah di bawah ini.

Langkah 1: Pilih Niche – Apakah sekedar blog hobi atau untuk menghasilkan uang?

Jika anda hanya berencana membuat blog untuk bersenang-senang, maka anda tidak perlu membaca bagian ini: Apa pun minat anda tersebut! Tetapi jika anda memiliki harapan menghasilkan uang dari blog anda, maka banyak hal dapat menjadi sedikit lebih rumit. Apa yang kadang-kadang anda suka tulis belum tentu sesuatu itu yang akan menghasilkan uang.

Dan karena sulit untuk mengubah topik blog anda nanti, jadi jika tujuan akhir anda adalah monetisasi, anda perlu melakukan upaya untuk mencari tahu apakah anda memiliki audiens dan opsi monetisasi sebelum anda membangun blog Anda.

Coba jawab tiga pertanyaan ini:

1. Apakah saya senang menulis tentang topik ini?

Tidak ada jalan keluar dari fakta ini! Membangun blog membutuhkan waktu. Tapi begitu blog anda diluncurkan, membangunnya menjadi sesuatu yang selalu di datangi oleh pengunjung reguler akan membutuhkan waktu. Untuk alasan itu, penting bagi anda memilih topik yang bisa dilihat sendiri dalam jangka panjang.

Tentu, anda mungkin memiliki minat yang muncul hari ini. Tetapi apakah anda akan tetap senang hati menulis posting yang sama dua bulan dari sekarang bahkan jika blog anda tidak menerima ribuan pengunjung? Jika anda kurang bersemangat, itu akan menjadi perjuangan berat untuk secara konsisten menerbitkan posting baru.

2. Apakah orang lain juga tertarik dengan topik ini?

Jika anda telah menemukan topik yang anda sukai untuk masa mendatang, ada pertanyaan berikutnya:

“Apakah orang lain juga menyukai topik ini seperti saya?”

Ini cukup sederhana. Jika anda ingin akhirnya bisa membangun audiens, ada baiknya jika anda sudah tahu bahwa ada orang lain juga yang tertarik pada topik anda. Jangan khawatir, anda tidak perlu bisa membaca pikiran untuk melakukan ini.

Sebenarnya ada beberapa alat bantu internet gratis yang bermanfaat yang dapat membantu anda mengetahui apakah ada pemirsa yang tertarik:

KWFinder. Alat gratis ini memungkinkan anda memasukkan “kata kunci” untuk melihat seberapa populer kata kunci tersebut. Kata kunci pada dasarnya adalah setiap frasa yang dicari orang di Google. Jika ada banyak orang mencari topik di Google, anda bisa yakin bahwa ada pemirsa yang cukup besar. Coba pikirkan kata-kata yang paling menggambarkan niche anda, lalu masukkan dalam kotak dan klik Find Keyword.

Anda akan melihat banyak hasil dengan angka yang menunjukkan berapa banyak orang mencari istilah itu per bulan. Idealnya, anda ingin melihat angka dengan ribuan pencarian bulanan. Misalnya, topik postingand yang saya tulis ini mendapatkan lebih dari 110.000 pencarian per bulan:

Blog anda mungkin akan mencakup beberapa “kata kunci” potensial, jadi sebaiknya anda mengulangi proses ini untuk berbagai topik yang mungkin dibahas oleh blog anda. Dan pastikan untuk memeriksa panduan mendalam kami untuk penelitian kata kunci jika anda memerlukan bantuan lebih lanjut.

Grup Facebook. Facebook menyediakan cara yang bagus untuk mengukur minat pada topik yang anda pilih. Cobalah mencari Grup Facebook yang membahas topik serupa dan lihat berapa banyak anggota aktif yang mereka miliki. Jika anda menemukan grup dengan ribuan anggota, itu pertanda baik bahwa topik anda memiliki pemirsa yang tertarik.

Google Trends. Alat ini sedikit lebih mudah digunakan dan memungkinkan anda dengan cepat melihat apakah minat pada topik yang anda pilih meningkat atau menurun (peningkatan itu lebih baik!).

3. Bisakah saya menghasilkan uang dari topik ini?

Jika anda cukup kreatif, maka anda dapat menghasilkan uang dari sebagian besar topik. Tetapi beberapa topik jelas lebih cocok untuk monetisasi daripada yang lain.

Contoh jika anda memiliki blog populer tentang strategi untuk menggunakan kartu kredit yang lebih baik, maka anda dapat bertaruh bahwa anda akan memiliki banyak sekali perusahaan kartu kredit yang mengetuk pintu website anda dan ingin memberikan uang kepada anda.

Jika anda berencana untuk menghasilkan uang dari blog anda, cobalah untuk menjawab pertanyaan seperti:

  1. Apakah ada perusahaan yang tertarik membayar untuk pemaparan saya kepada audiens saya?
  2. Apakah blog lain yang membahas topik ini tampaknya dapat menemukan peluang monetisasi?
  3. Bisakah saya membuat produk sendiri, seperti eBook, yang mungkin diminati orang?

Perlu bantuan lebih lanjut untuk memilih niche blog?

Memilih niche blog pasti sulit, namun dengan riset yang teliti sesuai dengan passion anda, maka memutuskan dalam sebuah niche akan menjadi lebih mudah. Anda bisa berkonsultasi kepada kami jika anda membutuhkan bantuan lebih kanjut yang mendetil dan spesifik.

Langkah 2: Daftarkan Nama Domain

Sekarang kita telah membahas bagaimana memilih topik, sekarang saatnya untuk mulai menggali rincian teknis tentang cara membuat blog, dimulai dengan:

Nama domain anda melayani dua tujuan inti:

  1. Ini alamat permanen blog anda di Internet. Setelah anda mengatur semuanya, siapa pun dapat mengetikkan nama domain anda di bilah alamat browser mereka dan mengakses situs anda dari mana saja di dunia.
  2. Itu merek blog anda. Biasanya, nama domain anda akan sama dengan nama blog anda, jadi memilih nama domain adalah keputusan branding yang cukup penting.

Apa yang membuat nama domain bagus?

Banyak dari ini adalah pilihan dan branding pribadi. Misalnya, dua situs web paling populer, Google dan Facebook, memiliki nama-nama unik yang sulit dihasilkan dari beberapa “formula”.

Seperti contoh yang disarankan, anda akan menemukan banyak situs sukses yang melanggar aturan ini. Tetapi secara umum, ini adalah beberapa pedoman yang baik:

  • Pilih sesuatu yang relevan – Memilih nama yang memiliki kaitan dengan topik anda membantu orang dengan cepat memahami tentang apa situs web anda. Sebagai contoh, blog ini adalah tentang internet marketing yang terkait dengan blogging.
  • Jadikan itu brandable, juga – anda menginginkan sesuatu yang mudah diberi merek sehingga orang akan dapat mengingat blog anda.
  • Hindari tanda hubung dan angka – Hindari keinginan untuk menjadi kreatif dengan tanda hubung atau angka. Karena sulit bagi orang untuk mengingatnya!
  • Gunakan .com jika memungkinkan – Saat ekstensi domain lainnya menjadi lebih populer, sebaiknya pilih nama domain .com jika memungkinkan. Jika anda menemukan nama domain yang bagus menggunakan sesuatu yang lain, tidak masalah untuk mengabaikan yang ini.

Cara menemukan nama domain yang tersedia

Inilah bagian rumit tentang nama domain: Setiap nama domain tunggal hanya dapat dimiliki oleh satu orang pada suatu waktu. Pikirkan tentang hal ini, jika ada yang bisa membeli Facebook.com, Internet akan menjadi berantakan total, bukan?

Jadi untuk membeli nama domain, anda harus menemukan yang “tersedia.” Artinya, anda perlu menemukan nama domain yang tidak dimiliki orang lain saat ini. Itu bisa menjadi sangat sulit, tetapi ada banyak alat untuk membuat pekerjaan lebih mudah.

Pertama, untuk dengan cepat memeriksa apakah nama domain tersedia, Pencarian Domain Instan adalah semudah yang didapat. Cukup ketik nama domain yang anda inginkan dan alat akan memberi tahu anda apakah nama itu tersedia atau tidak:

contoh domain yang tersedia

Jika anda terus menemukan nama domain yang tidak lagi tersedia, anda juga dapat beralih ke domain generator. Yakni generator nama blog yang pada dasarnya memberikan daftar nama domain yang relevan yang dijamin akan tersedia. Yang perlu anda lakukan hanyalah memasukkan kata yang terkait dengan topik anda dan alat-alat ini akan melakukan sisanya:

Cara membeli nama domain yang anda pilih

Setelah anda menemukan nama domain yang anda sukai dan tersedia, sekarang saatnya untuk membelinya! Meskipun dimungkinkan untuk mendaftarkan nama domain secara langsung melalui host web anda, saya tidak merekomendasikan pendekatan ini karena beberapa alasan:

  1. Ini menciptakan satu titik kegagalan untuk situs web anda karena domain dan hosting web anda berada di tempat yang sama. Dan hal ini buruk untuk keamanan.
  2. Ini membuat lebih sulit untuk memindahkan host, yang kemungkinan besar ingin anda lakukan ketika blog anda mulai tumbuh dalam popularitas.

Ada banyak tempat untuk membeli domain, dan setelah anda melakukan pembelian, maka anda sekarang secara resmi memiliki nama domain anda sendiri! Sekarang, yang perlu anda lakukan adalah menghubungkannya ke beberapa web hosting.

Langkah 3: Beli Hosting

Nama domain adalah alamat permanen untuk situs web anda, sedangkan hosting web anda adalah yang sebenarnya memperkuat website anda sehingga, ketika seseorang pergi ke alamat itu, ada situs web yang menyambut mereka.

Ini seperti mesin yang menggerakkan mobil. Tanpa mesin, mobil tidak akan bergerak! Dan tanpa web hosting, blog anda juga tidak akan berfungsi!

Saat anda membeli layanan hosting pertimbangkan beberapa alasan utama seperti berikut:

  1. Keterjangkauan
  2. Dukungan luar biasa jika anda membutuhkan bantuan
  3. Performa solid untuk memastikan blog anda selalu tersedia dan memuat dengan cepat
  4. WordPress telah diinstal sebelumnya di akun anda

Menghubungkan nama domain dengan hosting anda

Untuk menghubungkan nama domain anda dengan hosting web anda, maka anda hanya perlu menyelesaikan pengaturan DNS management, dimana saat anda membeli hosting maka anda akan mendapatkan alamat IP hosting anda, dan alamat IP inilah yang anda copykan di pengaturan DNS management domain.

Saya tahu proses ini sedikit teknis, tetapi menyisihkan sedikit waktu untuk mengetahuinya membuat segalanya jauh lebih mudah dan kami bersedia untuk membantu anda.

Langkah 4: Instalasi WordPress

Setelah anda menyelesaikan proses pendaftaran, anda akan menerima email dari pihak hosting untuk memberi tahu anda bahwa akun anda sudah diatur dan untuk memberi anda kredensial masuk anda untuk akses cpanel.

Umumnya hosting saat ini sudah di lengkap dengan instalasi WordPress otomatis yang memudahkan anda menginstall WordPress hanya dalam beberapa langkah dan dalam hitungan menit, namun anda juga bisa menginstall WordPress dengan pilihan lain seperti berikut: 1. Install manual dengan mengupload file WordPress di File Manager tepatnya di folder Public_html (ini membutuhkan keterampilan teknis) 2. Install otomatis dengan menggunakan Softalucous

Setelah anda menginstall WordPress maka sekarang anda siap untuk mulai menggunakan blog anda segera!

Penjabaran singkat dasbor WordPress

Dasbor WordPress pada dasarnya adalah panel kontrol untuk seluruh blog anda. Di situlah anda akan:

  1. Menulis posting blog anda
  2. Pilih tampilan blog anda
  3. Tambahkan fungsionalitas ke blog anda
  4. Moderasikan komentar di posting blog anda
  5. Serta banyak tindakan penting lainnya!

Mengakses dasbor anda cukup mudah:

Tambahkan /wp-admin ke akhir nama domain anda (mis. bloganda.com/wp-admin). Masuk menggunakan kredensial login yang anda setel saat anda install sebelumnya. Setelah anda masuk, Anda akan melihat sesuatu seperti ini:

Fungsi dasbor wordpress

Berikut adalah beberapa area terpenting:

  • A – Area ini adalah tempat anda akan menulis dan mengelola posting blog anda
  • B – Area ini memungkinkan anda membuat berbagai jenis konten yang disebut “halaman”. Ini bagus untuk hal-hal seperti tentang dan halaman kontak
  • C – Di sinilah anda dapat mengontrol bagaimana blog anda terlihat menggunakan “tema”
  • D – Di sinilah anda mengontrol bagaimana blog anda berfungsi menggunakan “plugins”

Langkah 5: Pilih tema WordPress

Tema WordPress menentukan bagaimana tampilan blog anda dan. Ini seperti pakaian wesbite anda. Dan, sama seperti anda tidak bisa tampil telanjang di depan umum, blog anda juga membutuhkan tema untuk berfungsi. Wesbite anda hadir dengan tema default, tetapi kebanyakan orang ingin memilih tema mereka sendiri. Dan inilah kabar baiknya:

Karena WordPress sangat populer, ada ribuan tema gratis dan premium untuk dipilih.

Berikut adalah beberapa tempat terbaik untuk menemukan tema:

  • WordPress.org – Ini adalah direktori tema WordPress resmi yang mencakup ribuan tema gratis.
  • ThemeForest – Ini adalah pasar populer yang berisi ribuan tema premium.
  • StudioPress – Ini adalah penyedia besar tema premium.

Sementara beberapa orang akan mencoba menakut-nakuti anda agar membayar untuk tema premium, namun tidak selamanya tema premium lebih baik daripada tema gratis. memang tema premium seringkali memiliki desain dan fitur yang lebih baik, tetapi itu tidaklah universal. Jadi, jika anggaran anda terbatas, silakan mulai dengan salah satu tema gratis dari WordPress.org.

Cara menginstal tema baru anda

Untuk menginstal tema anda sebagai berikut:

  1. Buka Appearance → Themes di dasbor WordPress anda
  2. Klik Add New
  3. Untuk tema gratis yang anda temukan di WordPress.org , cari tema yang anda inginkan dan klik Install
  4. Untuk tema premium, klik Upload Theme dan unggah file ZIP tema anda
Install tema wp
Tema WordPress

Setelah anda menginstal tema melalui salah satu metode, pastikan untuk mengklik tombol Activate untuk mengaktivkannya!

Bagaimana menyesuaikan tema anda

Setelah anda mengaktifkan tema yang dipilih, anda dapat melangkah lebih jauh dan menyesuaikannya!

Sebagian besar tema sekarang mendukung sesuatu yang disebut Customizer. Dengan Customizer, anda dapat memodifikasi tema menggunakan opsi sederhana secara langsung. Artinya, anda akan dapat melihat perubahan pada blog anda secara real time, tetapi perubahan itu tidak akan ditayangkan sampai anda menerbitkannya.

Untuk mengakses area ini, buka Appearance → Customize di dasbor WordPress anda:

Kustom tema WP

Jangan ragu untuk bermain-main dan berkreasi dengan semua pengaturan yang tersedia karena anda tidak akan merusak apa pun!

Dua area yang wajib di perhatikan adalah Widget dan Menu :

Menu Dan Widget
  • Menu – Memungkinkan anda mengatur menu navigasi situs anda sehingga orang dapat dengan mudah menemukan kategori yang ada di blog anda.
  • Widget – Memungkinkan anda menambahkan fungsionalitas keren ke sidebar blog anda, seperti daftar posting blog terbaru anda.

Langkah 6: Menggunakan plugin WordPress

Tema hanyalah tentang penampilan, sementara plugin tentang fungsionalitas. Plugin memberikan anda akses untuk menambahkan apa saja, mulai dari formulir kontak sederhana hingga toko eCommerce!

Dan, tidak seperti tema, anda dapat menggunakan plugin sebanyak yang anda inginkan (meskipun anda sebaiknya hanya menggunakan plugin yang benar-benar anda butuhkan ).

Anda dapat menemukan plugin gratis dan premium untuk situs anda.

Berikut adalah beberapa tempat yang baik untuk anda mencari plugin:

  • WordPress.org – Disini menampung direktori plugin gratis resmi dengan lebih dari 50.000 plugin berbeda untuk dipilih.
  • Code Canyon – Pasar populer untuk plugin WordPress premium.

Plugin yang dibutuhkan setiap blogger

Meskipun ada banyak plugin yang menawarkan fungsionalitas niche, ada juga jenis plugin tertentu yang cukup banyak dibutuhkan setiap blogger. Dan jika Anda menginginkan lebih banyak pilihan, kami telah membuat daftar untuk banyak jenis plugin populer:

  1. Backup plugins
  2. Page builder plugins
  3. Mailing list & opt-in form plugins
  4. Social media sharing plugins
  5. SEO plugins
  6. Contact form plugins
  7. Security plugins
  8. Performance plugins
  9. Analytics plugins
  10. Advertising management plugins

Cara menginstal plugin WordPress

Untuk menginstal plugin WordPress:

  1. Buka Plugin → Tambah Baru (Plugins → Add New) di dasbor WordPress anda
  2. Untuk plugin gratis yang anda temukan di WordPress.org, cari plugin dengan nama dan klik Instal Sekarang
  3. Untuk plugin premium, klik Unggah Plugin (Upload Plugin) dan unggah file ZIP
Unggah Plugin

Setelah anda menginstal plugin, pastikan untuk mengaktifkannya. Kemudian, anda dapat membaca instruksi plugin untuk cara menggunakan plugin di situs anda.

Langkah 7: Buat beberapa halaman penting

Sekarang, anda akhirnya siap untuk mulai membuat konten untuk blog atau website anda. Tetapi sebelum anda mulai menulis posting blog pertama anda, adalah ide bagus untuk membuat beberapa halaman inti.

Tidak sama seperti seperti postingan artikel, “halaman” tidak memiliki tanggal publikasi. Namun halaman-halaman itu adalah sesuatu yang wajib ada di sana. Minimal, sebagian besar blog memiliki halaman untuk:

  1. Tentang – Ini memberi tahu pengunjung tentang apa blog anda, dan juga sedikit tentang diri anda.
  2. Kontak – Sejumlah besar pembaca mungkin akan menghubungi anda. Nah halaman kontak anda mewujudkannya.
  3. Kebijakan Privasi – Ini adalah halaman tentang bagaimana website anda mengelola data dari pengunjung yang mengunjungi blog anda.

Anda mungkin memiliki lebih banyak informasi yang ingin anda bagikan, tetapi ketiga halaman tersebut memberikan dasar yang baik untuk memberi pembaca informasi yang mereka butuhkan.

Cara membuat halaman baru di WordPress

Untuk membuat halaman baru:

  1. Buka Halaman → Tambahkan Baru di dasbor WordPress anda
  2. Masukkan judul halaman anda di kotak atas
  3. Masukkan konten halaman anda di editor teks
  4. Klik Terbitkan saat anda telah selesai
Tambahkan Halaman Baru

Langkah 8: Tulis dan publikasikan posting blog pertama anda

Dan sekarang untuk bagian yang super menyenangkan, anda akhirnya siap untuk menulis posting blog pertama anda dan membagikan pemikiran anda kepada dunia! Membuat posting blog di WordPress hampir identik dengan membuat halaman. Hanya ada beberapa penyesuaian.

Pertama, buka Posting → Tambah Baru . Kemudian:

  1. Masukkan judul posting blog anda di bagian atas
  2. Masukkan teks posting blog anda di kotak editor. Anda dapat menggunakan bilah alat pemformatan jika anda perlu menambahkan huruf tebal, miring, dan lainnya. Seperti halnya Microsoft Word!
  3. Jika perlu, klik tombol Tambah Media untuk mengunggah dan menyisipkan gambar
  4. Pilih kategori atau tambahkan yang baru di sebelah kanan
  5. Opsional – tambahkan beberapa tag yang menggambarkan posting blog anda di sebelah kanan
  6. Klik Terbitkan setelah anda selesai menulis.
Publikasikan Halaman Baru

Selamat! Anda baru saja menulis posting blog pertama anda.

3 tips cepat untuk menulis posting blog yang luar biasa

Ada banyak blog di luar sana saat ini, jadi jika anda ingin memulai blog yang menonjol di mesin pencari, otomatis anda juga harus membuat konten yang menonjol.

Berikut adalah beberapa kiat cepat untuk menulis konten yang ingin dibaca orang:

  • Pikirkan pembaca ideal anda dan tulis postingan untuk berbicara kepada mereka. Jangan mencoba untuk menyenangkan semua orang, cukup buat pembaca ideal anda benar-benar bahagia.
  • Bermanfaat dan menambah nilai. Jika anda benar-benar mencoba untuk membantu, itu akan membentuk dividen dalam hal popularitas.
  • Bawa perspektif dan suara yang unik. Anda adalah orang yang unik, jadi jangan terjebak dalam penulisan hal yang sama dengan orang lain.

Jika anda membawa perspektif unik dan mencoba membuat konten yang luar biasa yang benar-benar membantu pembaca target anda melakukan sesuatu yang lebih baik, anda akan membangun fondasi yang bagus untuk blog yang sukses.

Langkah 9: Dapatkan traffic ke blog anda

Pada titik ini, anda harus memiliki dasar-dasar yang cukup baik. Setelah anda mulai meletakkan konten anda di luar sana, maka anda kemungkinan akan beralih ke fase blogging berikutnya di mana anda mulai berpikir:

“Hei, saya telah memposting konten ini di luar sana. Bukankah orang akan membacanya? “

Nah faktanya, ini tak sesederhana itu. Beberapa orang mungkin datang. Tapi mungkin butuh sedikit lebih dari itu untuk benar-benar mendapatkan traffic. Jadi, ketika anda baru memulai, bagaimana anda bisa mendapatkan lalu lintas ke blog anda?

Berikut adalah dua strategi SEO yang terbukti:

  • Pelajari dasar-dasar SEO dan terapkan ke situs anda. Meskipun anda tidak perlu menjadi seorang ahli, mengetahui dasar-dasar ini akan membuat situs anda jauh lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.
  • Daftarkan akun media sosial dan mulailah mempromosikan blog anda di media sosial. Beberapa jejaring sosial, seperti Pinterest dapat sangat berharga untuk mencari traffic blog.

Langkah 10: Menghasilkan uang dari blog

Akhirnya, kita sampai pada bagian menjalankan blog yang banyak diidam-idamkan oleh para blogger: Hasilkan uang dari blog!

Sekarang, saya tahu bahwa tidak semua orang peduli tentang menghasilkan uang dari blogging. Tapi saya pikir sebagian besar orang tidak akan keberatan dengan penghasilan sampingan dari blog mereka, bukan? Untungnya, ada banyak rute berbeda yang dapat anda gunakan untuk memonetisasi blog anda.

Berikut adalah beberapa opsi yang paling populer:

1. Affiliate Marketing

Dengan pemasaran afiliasi, anda dibayar komisi untuk merujuk pelanggan potensial ke produk atau layanan. Jika dilakukan dengan benar, anda bisa merujuk orang ke produk yang anda promosikan dan anda akan dibayar sebagai tanda terima kasih.

2. Iklan

Anda dapat menjual iklan langsung ke perusahaan di niche pasar atau menggunakan layanan seperti Google AdSense untuk menayangkan iklan untuk anda. Meskipun Google AdSense tidak selalu super menguntungkan, namun ini adalah cara yang mudah dan mudah untuk menghasilkan rupiah dari blog anda.

3. Menawarkan layanan

Banyak blogger sukses menghasilkan uang dengan menawarkan layanan yang terkait dengan niche mereka. Sebagai contoh, banyak blogger lain mencari nafkah penuh hanya dengan menulis posting blog untuk orang lain. Dan saya yakin jika anda memiliki blog yang berkualitas, maka anda dapat melakukan hal yang sama!

Di luar ketiga metode itu, ada juga banyak cara kreatif lainnya untuk menghasilkan uang dari blog anda. Tapi tolong di ingat! Butuh waktu, tenaga, dan uang untuk membuat bisnis ini berjalan. Dan itu mungkin memerlukan beberapa percobaan untuk mendapatkan cara yang benar. Jika anda mencari cara cepat untuk menghasilkan uang maka blogging bukanlah jawabannya!

Kesimpulan Akhir

Ketika anda memulai karir website atau blogging anda, maka seiring waktu anda akan mulai berkembang menjadi menggunakan taktik yang lebih maju untuk mempromosikan dan memonetisasi blog anda. Langkah awal memang terasa membingunkan bagi para pemula, namun jika anda telah yakin dan terjun langsung kedalam maka anda akan menemukan bahwa ada banyak hal disini tidak sesulit yang dibayangkan sebelumnya. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Berlangganan Gratis

Dapatkan update terbaru langsung di email anda

Kami tidak akan mengirim spam