Submit Website Anda ke Mesin Pencari (Apa & Bagaimana)

Website yang diindeks oleh Google dan mesin pencari lainnya adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan limpahan trafik gratis ke website anda. Tetapi anda mungkin bertanya-tanya:

Bagaimana cara mengirimkan website ke mesin pencari?

Jawaban singkatnya adalah: Bergantung pada mesin pencari itu sendiri. Jawaban yang lebih panjang adalah bahwa ada langkah-langkah khusus untuk diikuti. Inilah yang akan anda ketahui di artikel ini:

Tapi pertama-tama hadir sebuah pertanyaan:

Apakah Perlu Mengirim Website Saya ke Mesin Pencari?

Bisa jadi iya dan atau juga tidak! Mesin pencari tidak dirancang untuk bergantung pada pengiriman manual. Sebab hal itu tidak efisien. Itu sebabnya juga bot mereka merayapi web untuk menemukan website yang akan diindeks.

Jika anda belum pernah mendengar istilah sebelumnya: perayapan atau crawling adalah saat mesin pencari mencari tautan baru di website dan kemudian “mengikuti” tautan ini. Jika tautan mengarah ke sesuatu yang bermanfaat (misalnya website yang bermanfaat), maka halaman itu kemudian diindeks.

Ini berarti mesin pencari cukup baik dalam menemukan website itu sendiri, selama mereka ditautkan dari suatu tempat di web.

Lantas hadir pertanyaan baru..

Mengapa Perlu Menyerahkan Website Anda ke Mesin Pencari

Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus mengirimkan website anda secara manual ke mesin pencari:

  1. Lebih cepat untuk SEO. Lebih baik dilakukan daripada menyesal. Ada seberapa cepat bot merayapi website anda ketimbang secara manual, ada baiknya anda melakukannya.
  2. Memberitahu mesin pencari tentang situs anda secara langsung. Mengirimkan situs anda melalui metode di bawah ini memungkinkan anda memberi tahu Google (dan lainnya) informasi penting tentang situs anda tentang pembaruan konten dan perubahan penting.
  3. Ini peluang peningkatan yang mudah. Dengan mengirimkan situs anda, maka anda mendapatkan akses ke berbagai alat yang dapat membantu meningkatkan website anda. Selain itu, anda dapat memberi tahu mereka bahwa konten anda sekarang telah diperbarui dan perlu dirayapi lagi.

Mengirimkan Website ke Mesin Pencari: Langkah Memulai

Sebelum anda mulai mengirimkan website anda ke mesin pencari, berikut adalah beberapa hal yang anda perlukan. Pertama, anda harus dapat  mengakses dan mengedit website anda.

Akses backend tidak diperlukan untuk mengirimkan website ke mesin pencari, tetapi mungkin bermanfaat jika anda perlu menambahkan hal-hal di kemudian hari.

Sebagai contoh:

  • Jika website tidak memiliki peta situs.
  • Jika website tidak memiliki file robot.txt.
  • Jika tidak ada Google Search Console atau Bing Webmaster Tools yang bisa diimplementasikan.

Dengan akses ke suatu situs, itu akan membuatnya lebih mudah untuk menambahkan perubahan yang ada. Ini adalah persyaratan utama agar website anda bisa diindeks. Bahkan, memiliki sitemap yang benar adalah salah satu hal paling penting yang dapat anda lakukan untuk membantu situs anda dijemput oleh mesin pencari.

Jangan lupa bahwa memiliki akses ke dua mesin pencari utama juga diperlukan:

1. Google Search Console

Sebelum mengirimkan website anda ke Google, maka anda harus menyiapkan Search Console dan memverifikasi kepemilikan website anda.

Untuk memverifikasi website anda, salin data TXT DNS dan tambahkan ke penyedia nama domain anda untuk memverifikasi kepemilikan domain.

Memverifikasi website anda dengan catatan DNS adalah metode yang disarankan karena anda dapat meninggalkan catatan DNS selamanya dan tidak menambah kode tambahan ke website anda.

Jika anda tidak ingin (atau tidak bisa) memverifikasi domain anda dengan cara ini, jangan khawatir, ada cara alternatif untuk memverifikasi akun anda. Langkah termudah adalah dengan menambahkan sebaris script meta tag HTML yang di letakkan di antara baris <head> dan </head> Contoh meta tag verifikasi google webmaster; <meta content=’hNJ_9CpvYmg6GqAzOmqWXbaN5C2ggmeO3p0wH-Bmnr0′ name=’google-site-verification’/>

2. Bing Webmaster Tool

Bing membuat pengaturan Alat Webmaster sangat mudah. Jika anda sudah memiliki setup di Google Search Console, anda sebenarnya dapat mengimpor situs anda disini.

Setelah mendaftar, cukup tekan tombol Impor:

Ini adalah cara mudah untuk memasukkan website anda ke Webmaster Bing. Jadi sekarang anda sudah memiliki semua yang anda butuhkan, saatnya untuk mulai mengirimkan situs anda ke semua mesin pencari utama. Mari kita mulai dengan Google.

Bagaimana Saya Mengirimkan Website Saya ke Google?

Cukup mudah untuk mengirimkan website ke Google. Bahkan, satu-satunya cara untuk mengirimkan website anda adalah dengan menambahkan sitemap anda ke Google Search Console.

Begini caranya:

1. Temukan XML Sitemap Anda

Sitemap adalah file XML yang mencantumkan semua halaman di situs web. Biasanya dapat ditemukan di link: WEBSITEANDA.com/sitemap.xml

Jika anda menggunakan WordPress maka ini memberi daya lebih pada situs anda dan anda dapat menggunakan plugin Yoast SEO, sitemap anda akan terlihat seperti ini:

Setelah menemukan peta situs anda, maka anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya:

2. Tambahkan Peta Situs Anda ke Google Search Console

Buka Google Search Console dan, di bawah Index, pilih sitemaps. Sekarang, yang perlu anda lakukan adalah mengcopykan URL sitemap anda dan tekan kirim:

Jika anda memiliki beberapa peta situs, ulangi saja proses ini sampai semua peta situs anda terdaftar di bagian yang dikirimkan. Anda harus menambahkan dan memverifikasi situs anda ke GSC (Google Search Console) untuk melakukan ini.

Kebijakan konten Google News

Penerbit konten berita tidak perlu lagi mengirimkan situs mereka untuk memenuhi syarat untuk aplikasi dan website Google News. Secara khusus, menurut Barry Adams: Penerbit secara otomatis dipertimbangkan untuk menjadi Berita utama atau tab Berita dari Pencarian.

3. Kirim URL Halaman ke Google

Bagaimana jika anda hanya ingin mengirimkan satu halaman saja ke Google? Ini juga cukup sederhana.

Di Search Console, buka inspeksi URL dan letakkan di URL halaman yang ingin anda indeks.

Jika halaman tidak diindeks, anda akan melihat bahwa GSC mengatakan ‘URL tidak ada di Google’ . Untuk menjelajah, cukup klik pada Permintaan Indexing:

Jika halaman diindeks, anda akan melihat ‘URL ada di Google’ :

Jika anda baru saja memperbarui konten dan ingin Google menyusun kembali halaman, anda dapat mengklik ‘Permintaan Pengindeksan’ untuk mengindeks perubahan halaman tersebut.

Bagaimana cara memeriksa halaman website anda ada di Google?

Untuk melihat apakah situs anda telah berhasil dikirim dan diindeks, cukup cari alamat website anda di Google. Jika Google telah merayapi dan mengindeks situs anda, maka itu akan muncul di hasil pencarian.

Anda dapat mencoba menyalin satu atau dua paragraf teks dari situs anda dan mencarinya di “tanda kutip”. Jika halaman anda ada di Google, maka akan muncul.

Cara lain yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan dork google “site:” di Google. Ketik saja:

Site: www.WEBSITEANDA.com

Google akan tahu hanya menampilkan hasil dari domain yang anda masukkan. Anda dapat menggunakan dork pencarian situs di beranda atau halaman internal situs anda dengan cara tersebut.

Bagaimana Saya Mengirimkan Website Saya ke Yahoo?

Ok jadi ini yang paling mudah. Untuk membuat website anda muncul di Yahoo. Anda hanya butuh mengirimkan website anda ke Bing. Ya itu saja! ini bukan kesalahan ketik lho. Mengirimkan website anda ke Bing juga secara otomatis mengirimkannya ke Yahoo.

Jadi sebaiknya anda membaca ke bagian berikutnya untuk mencari tahu bagaimana cara agar website anda terdaftar di Bing:

Bagaimana Saya Mengirimkan Website Saya ke Bing?

Pertama, anda harus mengunjungi halaman Bing Webmaster Tools. Anda harus memastikan bahwa anda telah mensetting website anda seperti yang anda lakukan di Webmaster Google. Sama seperti Search Console, mengirimkan sitemap anda di Bing juga sederhana. Cukup pilih ‘Peta Situs’ dari menu yang ada, pastekan di URL sitemap dan tekan Kirim.

Melakukan ini tidak hanya akan mengirimkan website anda ke Bing, tetapi juga ke Yahoo sekaligus (karena Yahoo didukung oleh Bing).

Bagaimana Mengirimkan Website Saya ke DuckDuckGo?

Jawaban singkatnya di sini adalah: anda tidak perlu melakukannya. DuckDuckGo secara otomatis mengindeks website, jadi anda tidak perlu mengirimkan website secara manual kepada mereka.

Bahkan, DuckDuckGo menggunakan lebih dari 400 sumber dan termasuk hasil pencarian Bing, jadi jika anda telah mengikuti langkah-langkah sebelumnya untuk mengirim ke Bing (dan Yahoo), maka anda melakukan semua yang anda butuhkan untuk mempercepat pengindeksan untuk website anda di DuckDuckGo.

Hindari Layanan Submit

Membuat website anda terdaftar di Google, Bing, atau Yahoo adalah gratis, jadi anda seharusnya tidak membayar layanan submit agar website anda terdaftar di berbagai mesin pencari.

Mendaftar untuk layanan pengiriman mesin pencari tidak ada gunanya. Dan jika anda kurang beruntung, malahan anda akan dibombardir dengan email spam yang mencoba berusaha menjual layanan SEO berkualitas rendah.

Mesin pencari menyediakan sumber daya yang berguna untuk membantu serta metode yang didokumentasikan dengan baik tentang situs yang diajukan dan yang berhasil diindeks di Google, Yahoo, dan Bing. Jadi anda tidak perlu membeli layanan submit untuk melakukan ini.

Informasi Tambahan Mesin Pencari

Sebagian besar mesin pencari memiliki cara khusus mengirimkan halaman web yang mereka rayapi ke dalam indeks mereka. Kadang-kadang ada pendapat yang mengatakan bahwa pada tahun 2020, sepertinya tidak perlu untuk mengirimkan website secara manual ke mesin pencari. Ya, itu tidak 100% benar: Karena mesin pencari kadang-kadang juga membutuhkan bantuan!

Google dan mesin pencari lainnya memang pada akhirnya akan dapat menemukan website anda, bahkan jika anda tidak mengirimkannya secara manual.

Namun demikian, mengirimkan website dengan menggunakan sitemap sangat disarankan dan jika anda belum menyiapkannya dengan benar, ada baiknya anda segera membuatnya. Mengapa? Karena sitemap ini memberi mesin pencari informasi tambahan tentang situs anda, dan sebagai imbalannya, anda mendapatkan data pengindeksan tambahan tentang situs anda (bahkan termasuk juga tautan situs).

Mengirimkan situs web ke mesin pencari memiliki nilai yang sangat besar untuk memberi sinyal kepada mesin pencari tentang pembaruan dan perubahan konten yang ada. Memaksa mereka memulai perayapan baru memungkinkan anda mempercepat proses untuk menentukan peringkat untuk kata kunci yang baru anda tambahkan, bukan yang versi lama atau yang sudah tidak relevan lagi.

Karena SEO adalah ranah yang selalu berubah, maka langkah minimum adalah mengutamakan agar websita anda segera di index. Jika anda ingin meningkatkan trafik website anda, masih banyak yang harus dilakukan setelah website anda di index oleh mesin pencari. Semoga bermanfaat dan wassalamualaikum.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Berlangganan Gratis

Dapatkan update terbaru langsung di email anda

Kami tidak akan mengirim spam