Tahun ini akan membawa tantangan dan peluang baru di dunia SEO. Dengan segala sesuatu yang berubah, tetapi ada satu hal yang tetap sama. Duncan Osborn adalah manajer produk di Google. Dia bekerja bersama beberapa insinyur top dunia untuk terus meningkatkan dan mengoptimalkan teknologi yang mendukung mesin pencari Google. Apapun jadwal yang ada dari mereka mungkin terlihat pada hari tertentu, misi utama timnya tetap sama. Mereka didedikasikan untuk meningkatkan kualitas dan kegunaan pencarian Google!

Sementara beberapa tugas mereka membagikan beberapa pembaruan terkini ke fitur pencarian, Duncan memberikan beberapa wawasan tentang alasan yang mendasari dan teknologi di balik pekerjaan mereka. Menjelaskan sesuatu yang lebih dalam dari semua ini:

“Orang-orang datang mencari semua jenis informasi untuk membantu mereka membentuk pemahaman yang lebih baik tentang dunia dan topik yang paling mereka pedulikan.

Sekarang, kami menggunakan pembelajaran mesin terbaru untuk membawa pendekatan ini ke berita utama di Google Penelusuran, sehingga memudahkan orang untuk menyelami artikel paling berguna dan tepat waktu yang tersedia.”

Ia memberikan gambaran umum tentang beberapa pembaruan yang baru-baru ini mereka terapkan pada fitur “berita utama”. Tapi saya lebih tertarik dengan apa yang tidak dia katakan.

Perubahan Itu Bagus – Jika Anda Bisa Menangkap Peluang Yang Ada

SEO selalu berubah – terlalu banyak bagi siapa pun untuk benar-benar memahami semuanya. Seperti kata-kata Duncan yang menggambarkan bahwa, kita tidak selalu perlu memahami setiap detail tentang bagaimana teknologi di balik algoritma bekerja. Dia tidak membahas bahasa pemrograman atau tumpuan teknologi apa yang mereka gunakan untuk mendukung pendekatan pembelajaran mesin baru mereka, dia melewatkan detail super mendalam, mendukung tinjauan konsep. Tetapi memiliki pengetahuan tingkat dasar tentang apa yang terjadi di balik layar memberikan wawasan yang jauh lebih dalam daripada sekadar membaca tentang “praktik terbaik.”

Dengan teknologi saat ini, tujuan dari setiap hasil pencarian adalah jelas: Untuk memberikan konten yang paling relevan dan berguna untuk menjawab permintaan pencarian.

Kita akan menyelami SEO cukup dalam

Saya bertujuan untuk tidak hanya memberi anda beberapa clue dari tren yang akan membentuk pencarian di tahun-tahun mendatang, tetapi juga menyelami eksplorasi yang berarti tentang apa yang memperkuat sistem, perubahan apa yang terjadi, dan bagaimana kita dapat menjalankannya. Dengan begitu, kita semua bisa memiliki lebih banyak wawasan tentang bagaimana memenangkan game ini di peringkat teratas.

Disini saya telah memilih enam tren dan fitur yang akan berdampak besar pada SEO pada tahun 2020 dan mungkin seterusnya di tahun-tahun berikutnya. Mari kita mulai.

1. Pencarian Tanpa Klik

Lebih dari setengah pencarian Google tidak menghasilkan klik. Ini karena Google sering memberikan jawaban atas permintaan pencarian langsung di SERP (halaman dari hasil mesin pencari). Dan karena Google memberikan jawaban secara langsung pada halaman hasil, pencari tidak lagi harus mengklik ke salah satu hasil untuk menemukan apa yang mereka cari.

Hasilnya adalah koin dua sisi:

  1. Kekurangannya adalah pengaruhnya pada traffic situs web yang ada ke halaman-halaman yang diperingkat di Google menjadi tidak berguna. Karena begitu banyak pencarian menghasilkan hasil klik nol, otomatis mengakibatkan lebih sedikit orang mengunjungi bahkan di website peringkat tertinggi.
  2. Tapi hasil pencarian itu bagus untuk pengguna karena mereka mudah menemukan jawaban lebih cepat dan lebih efisien.

Cara utama Google memberikan hasil zero click ini adalah melalui fitur yang perlahan-lahan diintegrasikan ke dalam hasil pencarian yang semakin banyak. Ini disebut “featured snippets.”

Website yang dapat mencapai ruang cuplikan berfitur ini dapat mengalami sensasi kecil peningkatan merek dengan menjadi otoritas definitif yang disajikan Google kepada para pencari.

2. Featured Snippets

Featured Snippets aka Cuplikan Unggulan, fitur ini juga sering disebut (secara tidak resmi) sebagai “posisi nol” dan “hasil atas hasil.” Sementara, bagi para user pencari, ini jelas merupakan fitur yang nyaman, namun sebagai pemasar, kemudahan ini mendorong hasil pencarian situs web yang sebenarnya bisa lebih jauh ke bawah halaman.

Terlepas dari kasus pengambilalihan pencarian yang tampaknya baru-baru ini meledak, Featured Snippets bukan hal yang baru. Google pertama kali memperkenalkan fitur ini pada tahun 2013 dengan nama yang berbeda, sebagai “Quick Answer Boxes.” Pada tahun-tahun sejak itu, mereka telah beralih dan berevolusi dari fitur kecil yang akan muncul sesekali, ke pengambilalihan hasil pencarian lengkap yang kita lihat di hari ini. Sekarang, ini tidak hanya mencakup jawaban cepat tetapi bisa berupa kalkulator, kamus, atau bagan harga penerbangan yang dilayani melalui Google Flights.

Dari mana Featured Snippets berasal?

Google mengatakan:

“Featured Snippets berasal dari listing pencarian web. Sistem otomatis kami melihat daftar web dan menentukan apakah akan bermanfaat untuk menampilkan salah satunya. Mereka akan sangat mungkin muncul untuk pencarian yang diutarakan dalam bentuk pertanyaan.”

Bagaimana saya bisa menandai halaman saya sebagai Featured Snippets?

Sekali lagi, mari kita beralih ke Google :

“Anda tidak bisa. Sistem Google menentukan sendiri apakah suatu halaman pantas untuk Featured Snippets bagus untuk permintaan pencarian pengguna, dan jika demikian, maka dipilih. “

Dan dari setiap percobaan yang saya jalankan, setiap artikel yang saya baca, dan setiap podcast yang saya dengarkan, tidak ada cara untuk “memainkan” Featured Snippets ini. Satu-satunya cara untuk menjadi Featured Snippets adalah dengan menyediakan konten yang menjawab pertanyaan pencari dengan ringkas.

3. Rich Snippets

Selangkah turun dari Featured Snippets, Rich Snippets atau Cuplikan Kaya menampilkan tautan dan informasi tambahan di bawah hasil pencarian situs anda. Ini meningkatkan properti layar situs web anda. Beberapa contohnya adalah:

  • Tautan ke halaman tambahan di situs anda.
  • Waktu memasak dan julah kalori untuk sebuah resep.
  • Harga, stok, peringkat, dan ulasan suatu produk.
  • Produser, tanggal rilis, genre, dan panjang lagu atau album musik.
  • Dan sungguh, apa saja bisa tampil disini.

Daftar hal yang dapat anda tambahkan di Rich Snippets pada dasarnya tidak ada habisnya, terutama mengingat bahwa anda dapat membuat metadata khusus anda sendiri.

Bisakah saya mengoptimalkan untuk Rich Snippets?

Jawaban singkat: ya. Tidak seperti Featured Snippets Cuplikan Unggulan, anda dapat mengoptimalkan situs anda untuk Rich Snippets. Dengan memperbarui metadata anda dengan informasi yang sesuai, maka anda memberi tahu Google apa yang harus disertakan di sana. Jika anda pernah bermain dengan Google Ads (atau AdWords, sebelum rebrand), anda mungkin akrab dengan ekstensi tautan situs – hasil visualnya hampir sama di sini.

4. Temui BERT

“Hai, apakah kamu pernah bertemu BERT?”  BERT bukan orang mas bro. BERT adalah teknologi. Menurut Pandu Nayak, Google Fellow dan Wakil Presiden Search:

“Tahun lalu, kami memperkenalkan dan sebuah teknik open-source berbasis jaringan untuk pra-pelatihan natural language processing (NLP) yang disebut Bidirectional Encoder Representations from Transformers, atau kami menyebutnya – BERT, singkatnya. Teknologi ini memungkinkan siapa saja untuk melatih sistem menjawab pertanyaan mereka yang canggih. ”

Jadi, temui BERT, pada dasarnya, ini pembaruan algoritma terbaru Google. Fokusnya adalah memberikan hasil berdasarkan maksud pencarian nyata, dengan mempertimbangkan konteks dan bahasa alami.

BERT membentuk kembali segala sesuatu tentang Pencarian Google. Menurut Duncan Osborn dari Google, BERT sekarang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari bagaimana fungsi berita utama mengelompokkan cerita menjadi beberapa kelompok:

“Untuk menghasilkan kelompok-kelompok ini, kami menggunakan berbagai teknik pembelajaran mesin termasuk model BERT untuk memeriksa artikel terkait dan menentukan di mana satu cerita berakhir dan yang lain dimulai.”

Yang perlu anda lakukan di sini adalah memastikan bahwa anda menerbitkan konten yang bermanfaat dan berkualitas yang menginformasikan dan memenuhi maksud pencarian.

“Dengan menerapkan model BERT untuk cuplikan peringkat dan cuplikan fitur di Penelusuran, kami dapat melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik membantu anda menemukan informasi yang berguna.” – Pandu Nayak, Google Fellow dan Wakil Presiden Pencarian

Tips bekerja dengan BERT:

Saat melakukan penelitian pada konten anda, cari di Google kata kunci utama yang anda targetkan. Kemudian gulir ke bagian “Orang juga mencari” dan perhatikan pertanyaan-pertanyaan itu. Kemudian, di akhir posting blog anda, artikel, atau halaman, sertakan beberapa pertanyaan itu bersama dengan jawaban anda yang relevan.

Ini akan membantu mengoptimalkan keinginan pengguna dan memberikan jawaban paling lengkap – yang diinginkan Google. Ini juga akan meningkatkan peluang anda untuk disertakan dalam cuplikan unggulan untuk hasil itu.

5. Pencarian Suara

Apakah anda menggunakan Amazon Echo (Alexa), Siri, atau Google Home (Google Assistant)? Kemungkinannya adalah jika anda telah menggunakan salah satu dari perangkat tersebut, maka anda telah menggunakannya untuk mencari informasi di web, dan itu adalah pencarian suara.

Perangkat itu terus berkembang. Tetapi bagaimana anda mempersiapkannya?

Baiklah, mari kita kembali meneliti: hal terbesar yang dilakukan BERT adalah mengoptimalkan maksud pencarian, menggunakan kata konteks – ini termasuk pencarian yang diutarakan sebagai pertanyaan. Pencarian suara adalah perkembangan alami dari itu, mengingat bahwa pengguna sering menggunakan frase pencarian suara sebagai pertanyaan.

Tetapi bagaimana cara mengoptimalkan pencarian suara?

Tidak ada kode markup khusus untuk pencarian suara. Yang harus anda lakukan untuk mengoptimalkan pencarian suara adalah menyediakan konten informasi yang lebih baik, daripada hanya memfokuskan konten transaksi.

Optimalkan website anda untuk BERT maka anda telah mengoptimalkan pencarian suara.

Note: Para pencari suara jarang berada dalam tahap pembelian dalam perjalanan mereka dan mereka kemungkinan besar berada dalam fase kesadaran atau pertimbangan, ini jelas menjadi dinamika yang luas jika situs anda menjual produk.

Secara pribadi, saya lebih sering menggunakan pencarian suara untuk mengecek informasi acak: “Hei Siri, berapa umur Marcus Aurelius ketika dia meninggal?” (Jawabannya adalah 58 tahun, jika anda penasaran.)

6. Mobile-First Indexing

Timeline pengindeksan seluler pertama Google:

  1. Pada November 2016, Google mengumumkan pengindeksan mobile-firstnya.
  2. Pada bulan Maret 2018, Google mengumumkan akan mulai memigrasi situs web secara selektif ke pengindeksan mobile-first.
  3. Pada Juli 2019, Google menyelesaikan peluncuran algoritma ini, ketika mereka mengaktifkan pengindeksan mobile-first secara default untuk setiap situs web.

Apa artinya ini untuk kita? Ya, setiap situs yang dibangun setelah tahun 2013 seharusnya sudah responsif, jadi sebagian besar pekerjaan anda mungkin sudah selesai. Tetapi kadang-kadang, sebuah situs akan ditandai oleh Google karena satu dan lain alasan karena tidak ramah seluler. Mereka biasanya akan mengirim pesan ke alamat email admin konsol.

Jika anda ingin mendapatkan semacam teknologi untuk memahami ini, anda bisa mengunjungi Lighthouse tool for developers:

“Lighthouse adalah Open Source, alat otomatis untuk meningkatkan kualitas halaman website. Anda dapat menjalankannya terhadap laman web apa pun, publik, atau yang memerlukan otentikasi. Tool ini memiliki audit untuk kinerja, aksesibilitas, aplikasi web progresif, SEO, dan lainnya.”

Akhir Kata – 2020 Bukan Hanya Tahun Biasa, Ini Dekade Baru

Tahun 2020 akan membawa serta tantangan dan peluang baru yang sama. Dan dengan segala sesuatu yang berubah dalam SEO, satu hal tetap sama. Seperti yang dibagikan Pandu Nayak, ada beberapa kata-kata yang mungkin bisa menginspirasi pemahaman SEO anda yakni:

“Pada intinya, Pencarian adalah tentang memahami bahasa.”

Dan itulah yang harus kita perhatikan dan optimalkan. Google berada dalam bisnis pemahaman bahasa. Mereka ingin menyajikan konten terbaik, dari sumber yang paling relevan, segera setelah anda memikirkannya. Sementara pencarian suara secara teratur terus digunakan, namun kita belum sampai pada “pencarian pikiran,” tetapi siapa tahu, 2020 merupakan awal dari dekade baru. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Berlangganan Gratis

Dapatkan update terbaru langsung di email anda

Kami tidak akan mengirim spam