Bagaimana perasaan anda saat memesan makanan yang anda inginkan dan anda harus menunggu lama? Atau ketika ada antrian panjang di meja kasir di supermarket? Anda tentu tidak suka bukan?

Coba tebak, hal yang sama di mana user anda tidak menyukai situs wordpress anda yang memuat konten dengan lambat. Lebih buruk bagi anda, mereka menunjukkan ketidaksenangan mereka dengan memberikan situs anda lebih sedikit kunjungan dan termasuk penjualan.

Setiap detik yang diperlukan situs anda berpengaruh pada:

  • Kehilangan 11% dalam tampilan halaman
  • Konversi menurun hingga 7%

Situs yang lambat sangat memengaruhi kemampuan anda untuk menarik pelanggan dan menghasilkan bisnis yang bagus. Jika anda berbisnis online, kecepatan loading sangat penting!

So bagaimana cara mempercepat situs di wordpress? Well saya senang anda bertanya. Cukup teruskan membaca cara memperbaiki kecepatan yang dibahas dalam pos ini. Sebenarnya cukup sederhana. Bahkan jika anda tidak tahu koding apa pun, anda dapat dengan mudah meningkatkan kinerja dan mempercepat situs wordpress anda. Disini kita akan melihat bagaimana cara kita melakukannya.

Tetapi sebelum saya membahas langkah-langkah optimasi mempercepat situs wordpress, pertama-tama mari kita jelaskan satu hal: Kecepatan lambat, jika tidak diperbaiki dengan cepat dan efisien, adalah masalah yang dapat mendorong bisnis online anda menuju ke kuburan lebih awal.

Pentingnya Optimasi Kecepatan

Bagaimana kecepatan situs web memengaruhi konversi? Apakah lebih sulit bagi anda untuk meyakinkan pengunjung untuk berbelanja di situs anda? Berani bertaruh? Tingkat penjualan anda akan naik menjadi 87% hanya dengan meningkatkan kecepatan 2 lebih cepat detik selama transaksi.

Kecepatan lambat = tingkat konversi rendah

Kecepatan tinggi = tingkat konversi tinggi

Pemuatan halaman yang lambat dapat mengubah mereka yang baru pertama kali mengunjungi website anda menjadi orang asing. Penelitian menunjukkan 64% pembeli online yang tidak menyukai kinerja situs anda tidak akan kembali lagi. Dan jika itu tidak cukup, maka ada 43% pelanggan yang tidak merasa kurang senang akan berbelanja di situs pesaing anda di kesempatan lainnya.

Ini berarti kerugian besar bagi anda dan menjadi keuntungan besar untuk kompetitor anda. Namun jangan biarkan hal tersebut terjadi. Anda juga dapat mengubah lebih banyak pengunjung anda menjadi pelanggan berbayar, membuat mereka loyal kepada merek anda, dan berbaris dengan bangga menuju kesuksesan online jika anda serius, sangat serius, maka tentang pengoptimalan kecepatan situs wordpress anda baiklah dimulai saat ini.

Berapa waktu loading kecepatan situs yang baik?

Jika situs anda dimuat dalam waktu 3 detik atau kurang, itu dapat diterima. Namun apa pun yang berada di atas 3 detik menyebabkan tingkat bouncing meroket tajam. Probabilitas rasio pentalan meningkat menjadi 32% saat waktu loading meningkat dari 1 detik hingga 3 detik. Namun, jumlah ini untuk halaman dengan waktu loading 5 detik meningkat setinggi 90%.

Studi lain mengungkapkan 75% pengguna tidak akan mengunjungi kembali halaman yang membutuhkan waktu lebih dari 4 detik untuk dimuat. Jadi masalah ini jelas tertulis dengan keras dan jelas. Jika waktu muat halaman anda melebihi 3 detik, maka anda harus meningkatkan kinerja dengan mempercepat situs wordpress anda sebagai prioritas utama.

Tetapi sebelum anda bekerja dengan kecepatan web, ada satu hal lagi yang harus dilakukan. Cari tahu dulu waktu muat rata-rata situs anda saat ini. Apakah setiap lamannya memiliki kecepatan yang sama, apakah ada laman yang paling sering di kunjungi memiliki waktu muat yang lambat?

Bagaimana Mengukur Waktu Pemuatan?

Time to First Byte (TTFB) dan waktu pemuatan halaman adalah dua cara berbeda untuk mengukur kecepatan halaman.

TTFB mengukur waktu yang dibutuhkan peramban pengguna untuk menerima byte pertama dari server anda setelah mengirimkan permintaan HTTP kepadanya. TTFB memberikan beberapa gagasan tentang waktu respons server tetapi tidak banyak berarti bagi pengguna.

Seorang pengunjung lebih khawatir tentang kapan browsernya akan memuat seluruh halaman ketimbang menerima angsuran data pertama dari respons server.

Hal ini mengatakan, nilai TTFB yang sangat tinggi dalam tes kecepatan situs web anda dapat menandakan berita buruk. Jika server anda membutuhkan waktu lama untuk mengirim byte pertama, seluruh halaman web mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimuat.

Jadi, berapa skor TTFB yang baik?

Nilai TTFB kurang dari 200 milidetik sangat dapat diterima, sementara nilai di atas 500 milidetik bisa memperlambat kinerja keseluruhan.

Sebaliknya, waktu buka halaman mengukur waktu yang diperlukan browser pengguna untuk mengunduh dan menayangkan seluruh halaman web. Metrik ini, seperti yang bisa anda tebak, lebih penting untuk pengalaman pengguna. Anda harus mencoba membuatnya serendah mungkin karena apa pun yang berada di atas 3 detik di anggap terlalu tinggi.

Ada beberapa aplikasi atau software gratis yang tidak hanya mengukur waktu pemuatan halaman tetapi juga mengidentifikasi hambatan kinerja yang tersembunyi dan menawarkan jawaban yang mendalam terhadap semua yang terpenting bagaimana mempercepat situs wordpress anda.

Berikut adalah 5 alat gratis teratas untuk memantau kecepatan situs web. Karena alat ini menguji kecepatan situs web agak berbeda, saya sarankan anda menggunakan semuanya untuk mendapatkan gambaran yang paling akurat.

Tool pendeteksi kecepatan website

1. GTMetrix. Mudah digunakan, GTMetrix.com memberi anda laporan mendetil tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kecepatan halaman. Anda dapat memilih jenis browser (Firefox atau Chrome), dan menguji dari 7 lokasi berbeda, dan memeriksa kinerja situs pada berbagai jenis koneksi (broadband, kabel, atau seluler).

GTMetrix memberikan peringkat situs anda dari F ke A dan mencantumkan detail halaman paling penting. Telusuri berbagai entri dalam laporan satu per satu untuk mempelajari kinerja situs anda pada setiap hal yang memengaruhi waktu loading.

Anda perlu menginvestasikan waktu untuk menelusuri semua sumber daya yang ada. Namun, jika anda ingin banyak cara untuk mempercepat situs wordpress, investasi waktu ini pastinya akan sepadan.

2. WebPage Test. WebPage Test sama detailnya dengan GTMetrix tetapi menawarkan lebih banyak opsi (dengan 40+ lokasi server dan 25+ tipe browser, termasuk seluler). Menggunakannya sangat mudah. Pastekan URL situs anda, pilih lokasi server dan browser, dan tekan tombol Start Test.

Alat gratis open source ini menangkap sejumlah metrik dan katalog yang berguna dan menampilkannya dalam berbagai tabel dan grafik untuk membantu anda melihat penundaan kinerja dan meningkatkan kecepatan situs web.

3. Pingdom. Pingdom adalah salah satu layanan pemantauan situs web yang lebih populer saat ini. Sama seperti WebPage Test dan GTMetrix, website ini memungkinkan pengguna untuk memilih lokasi dari mana mereka ingin menjalankan tes. Namun, Pingdom tidak membiarkan anda menjalankan tes kecepatan dengan browser yang berbeda.

Pingdom mencakup semua aspek utama kecepatan halaman dan menampilkan informasi dengan cara yang rapi dan kompak. Dibandingkan dengan dua alat pertama, pingdom sepertinya masih kurang komprehensif.

4. Google PageSpeed ​​Insights. Gunakan alat gratis ini untuk mengetahui kinerja situs anda saat ini, dan, yang lebih penting, dapatkan kiat lanjutan berdasarkan praktik terbaik untuk meningkatkan kinerja situs anda. Tidak seperti beberapa alat lainnnya, Google PageSpeed ​​menyediakan laporan untuk versi desktop dan seluler situs web anda.

Alat tersebut memberi skor situs anda pada skala 1 hingga 100. Semakin tinggi skor, maka akan semakin baik. Jika skor lebih dari 85 maka cukup bagus. Jika skor anda mencapai 85+, maka ini lebih bagus.

5. Load Impact. Sebagai tool berbasis cloud, Load Impact menjalankan tes kecepatan situs web dengan menggunakan pengguna virtual, hingga 50 dalam versi gratis, untuk merekam kinerja server anda saat berada di bawah tekanan. Pengujian ini didukung dengan baik dengan bagian bantuan terperinci, di mana anda akan menemukan informasi luas tentang setiap bagian dari alat ini. Meskipun menjelajah melalui dokumentasi yang ada dan komprehensif akan membutuhkan waktu, namun itu akan sangat berharga dan memberi anda wawasan nyata tentang bagaimana anda dapat mempercepat situs wordpress menjadi lebih cepat.

Namun, fitur lintas-browser tidak ada di sini. Jika anda ingin menjalankan tes dengan browser yang berbeda, anda harus mencoba alat lainnya.

Cara untuk Meningkatkan Kecepatan Situs Web Anda

Hal pertama yang akan anda sadari ketika menjalankan tes kecepatan adalah bahwa tool-tool ini melaporkan beberapa masalah umum, meskipun ada banyak hal memengaruhi kecepatan situs, namun beberapa teknik peningkatan berfungsi di semua situasi. Juga ingat bahwa situs yang dikoding dengan rapi, WordPress atau yang lainnya, bisa mengalahkan website yang di koding dengan buruk, kapan saja, dimana saja.

Pengguna WordPress tidak perlu khawatir tentang masalah pengkodean yang buruk selama mereka menggunakan tema dan plugin premium. Di sisi lain, jika anda memiliki situs web berkode khusus, pastikan anda menggunakan kode tertulis yang mengikuti praktik terbaik, dan secara rutin membersihkan file teks dan gambar anda.

Berikut adalah sembilan cara terbaik untuk mempercepat situs wordpress yang dapat memberikan kinerja wordpress anda menjadi lebih cepat.

1. Kompresi GZIP

File teks yang tidak kompress atau di-zip dapat memberatkan peramban web. Lagipula, mengunduh file HTML 100KB rasanya terlalu besar ya kan?. Anda dapat mempermudah kinerja peramban dengan meminta server anda mengompres file sebelum meneruskannya ke browser. Dengan di-zip berarti lebih sedikit pekerjaan untuk browser. Dan itu bermakna memuat situs anda lebih cepat.

Namun, pertanyaannya adalah: teknik kompresi manakah yang digunakan?

Server web anda tidak dapat memangkas file dengan cara apa pun yang diinginkan. Karen itu akan menghancurkan file yang ada. Jika browser pengguna tidak dapat memuat keseluruhan file yang dikompresi, maka tidak ada yang akan dimuat di layar.

Browser akan kosong, dan user anda akan bersumpah untuk tidak menyia-nyiakan waktu sedetik pun di situs anda lagi, dan mereka akan akan menekan tombol kembali. Itu sebabnya penting untuk menggunakan teknik kompresi yang dapat dibaca dengan mudah oleh browser populer. Pada saat yang sama pastikan file dikompresi secara substansial untuk membantu optimalisasi kecepatan halaman secara keseluruhan.

Dan GZIP dapat melakukannya dengan mudah. Sebagian besar host dan browser web mendukung teknik kompresi ini. Selain itu, secara substansial dapat mengurangi ukuran file teks anda, seperti file HTML dan CSS.

File teks berisi banyak kode yang serupa. GZIP menggantikan sementara string kode berulang dan ruang putih di file HTML dan CSS anda, menjadikannya lebih ringan dalam sekejap.

Bagaimana cara menyalakankan GZIP?

Semua pengguna CMS WordPress perlu lakukan adalah menginstal W3 Total Cache, sebuah plugin WordPress gratis, dan ikuti langkah-langkah ini.

  1. Arahkan ke halaman Pengaturan W3 Total Cache
  2. Klik Cache Browser
  3. Pilih kotak sebelum Mengaktifkan kompresi HTTP (gzip)

Itu saja.

Hanya dalam tiga langkah, anda dapat mengaktifkan GZIP dan meningkatkan kecepatan situs web. Menurut sebuah laporan, teknik kompresi ini mengurangi waktu memuat hampir 70%. Dan jika situs anda adalah HTML statis, maka anda dapat mengaktifkan kompresi Gzip dengan menambahkan sebaris kode di file .htaccess. Jadi pihak host anda dapat memberi tahu anda kode yang tepat, jadi saya sarankan anda menghubungi tim bantuan yang ada.

2. Kompres Gambar

GZIP bagus, sangat bagus, tetapi ia tidak bisa mengkompres gambar anda. Ini karena gambar tidak dapat dikompres dengan cara yang sama seperti file teks. Tetapi kompres gambar adalah keharusan, karena akan mempengaruhi kecepatan situs anda cukup banyak.

File gambar cenderung besar dan karenanya dapat memperlambat kecepatan pemuatan loading. Tanpa mengkompresnya, maka anda akan selalu berjuang untuk mencapai banyak optimasi kecepatan halaman website anda. Namun, menghapusnya sama sekali tidak mungkin, terutama jika anda menjalankan situs e-commerce yang membutuhkan gambar.

Dalam sebuah laporan, 66% pembeli online mengatakan mereka ingin melihat setidaknya tiga gambar produk sebelum membeli. Foto-foto produk yang diklik dengan baik dapat membantu anda meningkatkan konversi, asalkan dimuat dengan cepat.

Inilah yang ditemukan oleh satu penelitian. 39% pembeli online mengatakan mereka meninggalkan sebuah situs jika gambarnya membutuhkan waktu lama untuk dimuat atau tidak dimuat sama sekali.

Anda dapat menggunakan Pingdom atau alat tes kecepatan situs web lainnya untuk mendapatkan gambaran yang tepat tentang jenis dampak gambar yang dimiliki pada halaman web tertentu.

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti:

  1. Salin URL halaman yang ingin anda uji
  2. Buka situs resmi Pingdom, tempelkan alamat ini ke dalam URL kotak, pilih lokasi server, dan akhirnya klik tombol Start Test.
  3. Tunggu beberapa detik hingga tes selesai dan kemudian arahkan ke Requests by content type untuk mendapatkan informasi yang diinginkan

Dalam sebuah skenario contoh, gambar memuat lebih dari 40% dari konten yang ada. Jelas, jika anda mempercepat pemuatan gambar di wordpress, itu akan membuat perbedaan besar bagi keseluruhan waktu pemuatan halaman.

Bagaimana cara mengompres gambar?

Jika anda adalah pengguna WordPress, saya sarankan anda menggunakan WP Smush. Ringan, mudah dipasang, dan berfungsi penuh. Dalam hitungan detik dapat menyesuaikan semua gambar baru anda dan membantu memecahkan cara mempercepat situs wordpress.

Setelah mengunggah plugin tersebut, cukup pilih opsi Smush my images on upload.

WP Smush juga memungkinkan anda mengatur lebar dan tinggi maksimum. Jika anda memuat gambar yang lebih besar dari batas yang ditentukan, alat ini akan secara otomatis mengompresnya.

Jika situs anda tidak berjalan di WordPress, anda akan memerlukan tool lain seperti Compressor.io, alat online lainnya untuk mengompresi foto dan gambar.

Cukup buka situs ini, unggah atau Drag and Drop gambar, dan pilih jenis kompresi yang anda inginkan, Lossy atau Loseless. Alat ini memilih lossy secara default.

Saat anda memilih kompresi Lossy, sedikit data hilang. Namun, mata telanjang tidak dapat benar-benar mendeteksi perbedaannya gambar sebelum dan sesudah di kompress.

Jika halaman web berisi banyak gambar, anda mungkin ingin memilih kompresi lossy untuk memastikan anda mendapatkan manfaat maksimal dari tool sederhana ini tentang bagaimana mempercepat situs wordpress anda.

Ketika detail gambar yang tajam dan garis yang jelas adalah prioritas utama, maka anda harus menggunakan kompresi lossless. Tool mulai mengompresi gambar saat anda memuatnya dan hanya membutuhkan beberapa detik untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Sekarang cukup unduh file gambar terkompresi di desktop anda dan kemudian unggah di situs anda. Mengompresi gambar memungkinkan anda mempercepat pemuatan gambar wordpress, jadi jangan abaikan perbaikan ini.

3. Jaringan Pengiriman Konten – Kecepatan dan Keamanan

Berbicara tentang mempercepat situs wordpress juga akan sangat bergantung pada server web anda yang menghabiskan daya komputasi untuk memproses setiap permintaan akses situs yang diterimanya. Ketika berada dalam trafik normal, semuanya baik-baik saja. Server dapat mengirim halaman web yang diminta ke browser dengan cepat, tanpa terbeban.

Namun, semuanya bisa menjadi kacau ketika trafik melonjak!

Server anda terengah-engah, dan bekerja tanpa lelah seperti seorang prajurit, tetapi masih membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan setiap permintaan yang ada.

Bagaimana basa? Anda belum mengadopsi kiat pengoptimalan situs web yang teruji waktu, dan server memiliki sumber daya terbatas. Ada begitu banyak user mengunjungi website anda namun server anda hanya mampu menangani dalam jumlah terbatas.

Akibatnya, waktu muat untuk semua pengguna meningkat selama waktu lalu lintas tinggi ini. Dan itu tidak bagus sama sekali karena pengguna membenci situs yang tidak cepat. Jika halaman web yang diminta tidak dimuat di layar mereka dalam beberapa detik atau lebih, mereka akan pergi, mungkin saja pergi dengan kesal.

Dan alih-alih membuat user anda bahagia, yang ada anda akan ditinggal oleh pengunjung yang tidak puas, yang tidak akan melewatkan kesempatan untuk memberi tahu orang lain bahwa situs anda lelet!

Sebuah survei mengungkapkan bahwa dari sekitar 52% pelanggan, waktu pemuatan halaman penting untuk potensi kunjungan di masa depan. Pada saat yang sama, 44% pembeli mengatakan mereka berbagi pengalaman daring yang buruk dengan orang lain melalui satu situs jejaring sosial atau lainnya.

Jelas, kalau begitu. Anda harus menemukan cara untuk membantu server anda menangani banjir permintaan yang didapatnya selama jam sibuk untuk menjadi lebih efisien. Jika tidak, meningkatkan kinerja website anda akan tetap menjadi impian. Disini yang bisa anda lakukan adalah hanya dengan menggunakan hosting atau server yang dapat menampung trafik tinggi, tentunya dengan harga yang lebih mahal dari harga server standar.

CDN Meniadakan Jarak

Terlepas dari trafik yang tinggi, ada hal lain yang dapat menyebabkan waktu loading naik, yakni jarak fisik yang lebih besar.

Bahkan jika server anda mengambil waktu yang sama untuk memproses setiap permintaan, jawabannya akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menjangkau user yang berada lebih jauh karena informasi tersebut harus menempuh jarak yang lebih jauh.

Dengan semua faktor lain yang sama, waktu pemuatan untuk user ini akan selalu lebih tinggi daripada user yang secara fisik lebih dekat ke server anda. Tidak ada yang dapat dilakukan server web anda di sini. Hukum fisika menghentikan niat baik anda untuk mempercepat situs wordpress yang anda miliki.

Tetapi anda dapat melakukan sesuatu. Sebenarnya lebih dari sekedar sesuatu.

Anda dapat membantu server anda dan meningkatkan kecepatan situs web dengan memastikan ada lebih dari satu pasang bahu yang berbagi tanggung jawab menangani semua lalu lintas situs.

Pernah mendengar jaringan pengiriman konten (CDN)?

Ini adalah sistem server terdistribusi yang dapat mempercepat pengiriman konten wordpress anda di jam sibuk dan untuk pengguna yang sangat jauh dari server anda.

Pada dasarnya, ketika anda menggunakan CDN, anda sebenarnya menyimpan konten statis di server berbeda yang tersebar di seluruh dunia.

Sekarang ketika pengguna membuat permintaan untuk melihat konten anda, server yang terdekat secara fisik menangani permintaan tersebut.

Server dalam CDN, yaitu server cache, bekerja bahu-membahu dengan server utama anda dan membantu meningkatkan kecepatan situs website anda.

CloudFlare adalah salah satu CDN teratas, tetapi ada opsi lain yang juga layak. Dan ini sangat membantu dan mudah digunakan. Banyak penyedia hosting situs web teratas bekerja erat dengan CloudFlare dan integrasinya sangat sederhana.

CDN Meningkatkan Keamanan

Manfaat utama lain dari menggunakan CDN adalah peningkatan keamanan, karena server CDN dapat mengurangi serangan DDoS.

CDN memiliki mekanisme inbuilt terhadap serangan semacam itu. Memang, penyedia hosting web terbaik menggunakan pertahanan DDoS yang kuat, tetapi serangan yang diatur dengan baik masih dapat menurunkan satu atau beberapa server dengan relatif mudah.

CDN dapat mengimbangi arus lalu lintas, karena keberadaan jaringan server yang menangani lalu lintas masuk mengurangi banjir lalu lintas yang ada.

Selain itu, jika situs anda offline karena maintenance, server CDN masih dapat menampilkan salinan yang disimpan dalam cache kepada pengguna akhir, dan ini sangat membantu uptime keseluruhan.

4. Hapus Plugin yang Tidak Dibutuhkan

Tahukah anda bahwa WordPress memiliki lebih dari 50.000 plugin? Sangat mudah untuk ceroboh bagi user yang belum berpengalaman untuk menginstal terlalu banyak. Meskipun banyak plugin WordPress tidak memerlukan biaya sepeser pun alias gratis, namun mereka datang dengan beban lainnya, yakni mereka menambah beban pada database anda.

Setiap kali halaman WordPress diminta oleh pengguna, sistem akan memeriksa database untuk informasi. Memproses permintaan basis data ini membutuhkan waktu dan sumber daya. Semakin banyak plugin membuat proses basis data anda menjadi lebih banyak, artinya ia bekerja lebih keras dengan sia-sia.

Selain memberi tekanan besar pada basis data, plugin tambahan menyebabkan database membengkak. Ini dapat mempengaruhi efisiensi dan akibatnya meningkatkan waktu muat halaman. Juga, plugin yang tetap tidak digunakan sering diabaikan ketika memperbarui WordPress. Plugin yang ketinggalan jaman sangat membahayakan keamanan.

Singkatnya, memiliki terlalu banyak plugin bukanlah ide yang bagus. Saat anda bertanya-tanya bagaimana cara mempercepat kinerja wordpress, salah satunya adalah dengan menghapus semua plugin yang tidak digunakan dan langkah ini merupakan tempat yang baik untuk memulai.

5. Gunakan Hosting yang Bagus

Semua hosting tidak dibuat sama. Beberapanya secara signifikan lebih baik daripada yang lain. Itu sebabnya anda perlu mengujinya dengan cermat. Memilih hosting yang tepat adalah yang terpenting. Tanpa hosting yang layak, maka anda akan gagal mendapatkan banyak manfaat dari tips yang dibagikan dalam posting ini.

Waktu respons server dapat sangat bervariasi dari satu host ke host lainnya. Bahkan, satu laporan menyatakan bahwa sementara hosting yang baik memiliki kecepatan memuat 0,7 – 0,8 detik, host ing yang lambat dapat menggandakannya.

Waktu respons server yang lambat dapat mencegah situs anda memasuki posisi yang didambakan dalam waktu tiga detik, terlepas dari berapa banyak tips pengoptimalan mempercepat situs wordpress yang anda terapkan.

Jika kecepatan pemuatan halaman super cepat adalah prioritas teratas anda, maka anda harus mempertimbangkan hosting. Kecepatan memuat di bawah tekanan, dan uptime. Selain itu, tim pendukung berpengetahuan luas dan berguna, dan dapat membantu dengan optimasi kecepatan cukup banyak.

Tentu saja, ketika memilih hosting, selalu disarankan untuk memeriksa lebih banyak review untuk mendapatkan ide yang lebih jelas apakah penyedia hosting cocok untuk anda atau tidak.

6. Minifikasi

File teks, seperti file HTML, CSS, dan JavaScript, bisa memakan waktu loading cukup besar. Cara mudah untuk meningkatkan kinerja situs anda adalah dengan mengurangi ukuran file-file ini dengan menghapus kode, space, dan pemformatan yang tidak diinginkan.

Penting: Cadangkan file anda sebelum anda mencoba ini dalam perbaikan optimisasi atau lanjutan lainnya. Jika terjadi kesalahan, anda dapat mengembalikan file anda dalam satu klik. Anda dapat menggunakan plugin cadangan WordPress gratis seperti BackupBuddy untuk membuat cadangan atau panduan cadangan cPanel.

Bagaimana cara Meminimalkan File Teks?

Jika situs anda di bangun dengan kodingan khusus, sudah menjadi tugas developernya untuk membuatnya sebersih mungkin. Kebanyakan koding website sama dan mungkin hanya berbeda pada framework yang digunakan, serta ada alat minifikasi online yang dapat menghapus karakter yang tidak perlu dan ruang kosong dalam sebuah website.

Dengan WordPress, segalanya menjadi lebih mudah. Unduh dan instal WP Rocket atau plugin serupa lainnya. Jika anda menggunakan WP Rocket, klik tab File Statis dan pilih jenis file yang ingin anda minify (HTML, CSS, dan JS).

7. Caching

Jika anda bertanya kepada saya bagaimana mempercepat situs wordpress anda dan saya harus memberi anda salah satu jawaban, Cache! Jika anda ingin situs yang cepat dan responsif, tidak mungkin anda bisa mengatakan tidak kepada caching.

Sementara caching adalah subjek yang cukup teknis, prinsip dasarnya cukup sederhana. Dan hanya itu yang anda butuhkan untuk memahami pentingnya caching.

Apa itu caching? Bagaimana cara membantu meningkatkan kecepatan situs?

Dalam bahasa Inggris yang sederhana, caching memungkinkan server web anda untuk mengirim halaman web dengan kecepatan yang jauh lebih cepat ke browser setelah sekali pengiriman.

Transmisi informasi yang cepat dari server anda ke browser pengguna memastikan halaman web anda dimuat dengan cepat. Sekarang anda tahu mengapa menyalakan cache adalah cara terbaik untuk mempercepat pemuatan halaman wordpress anda.

Tetapi bagaimana server web dapat mengirimkan halaman web lebih cepat untuk kedua kalinya? Mengapa cache tidak bisa melayani halaman dengan cepat saat pertama kali?

Katakanlah pengguna ingin mengunjungi beranda anda dan mengetik alamat yang relevan di perambannya.

Saat server menerima permintaan, ia menghitung parameter halaman untuk mengirim informasi yang relevan. Untuk dapat melakukan proses permintaan ini, server harus menyelesaikan tindakan tertentu, yang semuanya membutuhkan waktu (milidetik) dan sumber daya.

Beberapa saat kemudian pengguna lain mengajukan permintaan untuk beranda anda.

Karena permintaan baru sama dengan yang sebelumnya, server sekarang sudah tahu apa yang harus disediakan; dan ia sudah menyimpan “jawaban”, halaman lengkap dalam memori cache-nya. Tidak perlu melakukan perhitungan yang rumit lagi.

Sebaliknya, ia hanya menyerahkan jawaban ini ke browser. Ini, seperti yang bisa anda tebak, membantu meningkatkan kecepatan situs web.

Jawaban yang diberikan server kepada browser kedua sebenarnya adalah file HTML statis, yang pada dasarnya adalah snapshot dari beranda anda. Dalam kedua kasus, konten yang disediakan sama, tetapi server memberikannya lebih cepat untuk kedua kalinya.

Bagaimana Mengaktifkan Caching?

Yang terbaik adalah menemukan host yang memiliki caching sisi server diaktifkan. Baik itu Varnish, konfigurasi nginX yang baik, atau yang lainnya, anda bisa mendapatkan hasil yang sangat baik.

Ada sejumlah plugin caching WordPress gratis, mungkin tidak lebih populer dari W3 Total Cache.

Instal dan buka Cache Halaman (Di bawah Pengaturan Umum ) dan centang kotak di sebelahnya.

Jika anda mencari tip cepat tentang cara meningkatkan kecepatan situs web situs WordPress, inilah yang perlu anda lakukan dalam topik ini.

8. Memuat Asynchronous

Browser dapat memuat file skrip seperti JavaScript dan file CSS secara sinkron atau asinkron. Saat anda memilih pemuatan sinkron, browser akan memuat satu file skrip setiap kalinya. Artinya, itu tidak akan memuat apa pun saat sedang memuat file CSS atau JavaScript.

File skrip lebih besar daripada banyak elemen halaman lainnya dan biasanya browser membutuhkan waktu lebih lama untuk memuatnya.

Dengan pemuatan yang sinkron, user dapat memperoleh kesan bahwa halaman dimuat dengan lambat karena hal-hal yang lebih penting dimuat nantinya.

Sebaliknya, memilih pemuatan asinkron memberi browser lisensi untuk memuat elemen lain bersamaan dengan file skrip.

Jika anda bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan kecepatan situs web dalam PHP, pemuatan asinkron adalah cara yang harus dilakukan. Beberapa hosting menawarkannya, tetapi sering kali anda harus menginstal plugin yang tepat atau menambahkan kodingan yang tepat untuk mencapai optimasi ini.

9. Tunda File JavaScript

Ketika anda menunda file, browser memuatnya setelah elemen halaman lainnya. Menunda file besar seperti file JS sangat masuk akal karena file tersebut dapat menunda pemuatan konten lainnya. Langkah ini sebenarnya tidak mempercepat waktu muat JavaScript di wordpress. Namun memastikan bahwa browser memberikan prioritas lebih utama ke seluruh konten anda.

Bagaimana Mengaktifkan Pemuatan Asinkron dan Menunda File Javascript?

Jika anda ingin mempercepat pemuatan JavaScript, gunakan plugin WordPress seperti WP Rocket atau lainnya.

Jika anda menggunakan WP Rocket, klik tab Static Files dan pilih tiga opsi ini di bagian Render-blocking CSS/JS:

  1. Load CSS Files synchronously
  2. Load JS files deferred
  3. Safe mode (rekomendasi)

Cara terbaik untuk menunda Java di situs juga adalah memuat javascript tepat sebelum tag </body> dari dokumen HTML. Metode lain adalah menambahkan atribut defer ke dalam script.

Untuk memuat asinkron, tambahkan async ke skrip anda. Ini akan memastikan browser memuat HTML yang muncul setelah skrip async bersama dengannya.

Kesimpulan

Jika anda tidak mendapatkan traffic sebanyak yang anda harapkan atau jika pengunjung anda tidak menghabiskan banyak waktu di situs anda, sudah saatnya anda bertanya pada diri sendiri satu pertanyaan yang penting, bagaimana cara mempercepat situs wordpress anda?

Kecepatan memengaruhi semua hal yang penting bagi bisnis anda, mulai dari trafik halaman hingga rasio bounce rate, kepuasan pelanggan hingga loyalitas pelanggan, dan konversi untuk mengulangi tingkat pembelian.

Singkatnya, jika anda mengabaikan kinerja situs web, keuntungan anda akan menurun. Banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan halaman, tetapi anda tidak harus memperbaikinya sekaligus.

Jalankan tes kecepatan menggunakan alat benchmark gratis untuk mengidentifikasi celah kinerja terdalam yang menghambat kecepatan situs anda.

Mulailah untuk mendapatkan manfaat maksimal dalam waktu minimum. Banyak hal tentang cara mempercepat situs wordpress yang dibahas di atas sebenarnya sangat mudah diimplementasikan, bahkan untuk situs yang dibangun dengan framework khusus.

Jadi jangan biarkan kecepatan website anda menjauhkan anda dari mewujudkan impian anda untuk menjadi pengusaha atau blogger online yang sukses. Internet adalah milik anda untuk ditaklukkan. Yang anda butuhkan adalah sebuah situs yang cepat! Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Berlangganan Gratis

Dapatkan update terbaru langsung di email anda

Kami tidak akan mengirim spam