Menulis artikel di blog bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk bersantai, melepaskan ketegangan harian dan metode yang baik untuk mengendalikan stres, tetapi bagaimana dengan melakukannya sebagai pekerjaan? Bagaimana jika anda menjadi penulis lepas?

Menjadi Penulis Lepas

Menjadi seorang freelancer bukanlah kebun yang penuh dengan bunga-bunga indah, tetapi ini adalah pengalaman yang bisa sangat memuaskan baik untuk penghasilan anda maupun rasa pencapaian anda. Coba tanyakan pada desainer web seberapa baik berurusan dengan pelanggan, maka anda akan mengerti maksud saya. Dalam panduan ini saya akan berbagi dengan anda pengalaman pribadi saya, ide dan metode dengan harapan bahwa hal tersebut akan menginspirasi anda untuk menjadi penulis lepas.

Putuskan Apa yang Ingin Anda Tulis

Memutuskan apa yang harus anda tulis tentang bisa menjadi pengalaman yang melelahkan jika anda bukan tipe orang yang mudah untuk menentukan. Sebagai aturan umum,  anda harus menulis tentang apa yang paling anda sukai. Memutuskan untuk hanya melompat pada tren bukanlah suatu pilihan. Menulis untuk blog secara profesional bukanlah sesuatu yang dapat dicapai dengan minat apa adanya, anda perlu semangat.

Orang akan ingin membaca tentang pengalaman anda, keahlian anda, dan pendapat anda jika itu berasal dari tempat di mana anda terinspirasi untuk melakukannya. Jika tidak, artikel yang anda tulis akan terasa membosankan dan kosong. Ada terlalu banyak konten di internet bagi anda untuk berkontribusi dengan artikel yang membosankan. Ketika anda menulis tentang sesuatu, hasrat anda harus ada di sana.

Jangan Menunggu

Berencana menulis sesuatu untuk blog? Jangan terlalu banyak merencanakan atau terlalu memikirkannya. Ketika anda menjadi penulis lepas membuat artikel bisa menjadi proses yang sangat membosankan jika anda menjadwalkan terlalu banyak. Buka halaman kosong di editor favorit anda dan mulailah menulis. Sebagai aturan umum, saya merasa jauh lebih mudah untuk lebih fokus pada ide yang lebih luas dan kemudian menambahkan topik / judul utama.  Jika anda memiliki topik utama yang ditulis, sisa artikel akan mengalir jauh lebih cepat dan lebih mudah.

Buat Blog & Resume Anda Sendiri

Jika anda ingin menarik perhatian maka anda harus memiliki blog anda sendiri. Pilih layanan hosting yang terjangkau untuk memulai blog. Setelah itu anda cukup mempublikasikan konten, pertimbangkan untuk membuat resume anda sendiri  secara online.

Meskipun anda dapat menggunakan layanan gratis seperti about.me, saya selalu lebih suka domain saya sendiri. Anda dapat membuat resume anda sendiri secara online dengan alat yang mudah dan dalam waktu singkat. Untuk domain saya sarankan cukup menggunakan nama anda sendiri.

Gunakan Tool yang Tepat

Sebelum kita menggali lebih dalam, harap dicatat bahwa saya meggunakan Windows 10 sehingga alat yang direkomendasikan adalah untuk pengguna Windows. Memang beberapa yang lain juga tersedia untuk iOS, tetapi anda harus memeriksa toko aplikasi yang ada untuk memastikan.

Menyusun resume bisa sangat mudah jika anda menggunakan tool yang tepat. Meskipun anda dapat menggunakan salah satu dari tema WordPress resume, namun ada cara lain yang bagus untuk memulai resume anda sendiri adalah dengan pembuat situs gratis seperti Mobirise, Wix, dll. Alat praktis ini akan memungkinkan anda membangun situs web dalam waktu singkat, hanya saja dengan menambahkan modul, gambar, dan teks. Setelah situs web anda siap, semudah menyalin file ke akun hosting baru anda dan situs anda akan langsung terlihat. Mobirise adalah pembuat situs web HTML yang berfungsi sepenuhnya bebas kode sehingga sama sekali tidak perlu pengetahuan koding sebelumnya. Selain memindahkan file ke hosting anda dan karena ini adalah pembuat HTML, maka anda tidak perlu membuat database juga!

Bekerja pada artikel setelah anda menjadi penulis lepas akan memerlukan beberapa alat. Jika anda suka menulis offline, Microsoft Word akan menjadi teman terbaik anda. Jika anda menggunakan Windows, pastikan untuk menambahkan OneNote ke set program favorit anda. Alat praktis itu akan memungkinkan anda menyimpan konten dengan mudah dan menyinkronkannya dengan cloud. Ini sangat membantu ketika anda memiliki ide-ide baru untuk ditulis dan tidak cukup waktu untuk membuat dokumen yang baru. OneNote menyinkronkan dengan semua perangkat anda sehingga ini menjadi cara mudah untuk membuat catatan cepat yang bisa berubah menjadi artikel lengkap nantinya.

Jika anda mengedit semua artikel anda sendiri, ide bagus untuk memiliki pengetahuan dasar di Photoshop atau Gimp. Kedua alat ini memungkinkan anda untuk memanipulasi gambar dengan mudah. Jika anda tidak menyukai Adobe, anda selalu dapat menggunakan rute gratis dengan  GIMP.

Jika anda hanya perlu untuk meningkatkan warna, mengurangi atau memotong gambar ada banyak pilihan gratis online. Pilihan yang bagus adalah editor foto PicsArt yang memberi anda akses ke lebih dari 100 juta foto, stiker, meme, dan lainnya. Atau unggah gambar anda sendiri dan gunakan editor mereka untuk mengubah eksposur, menghapus latar belakang, menambahkan efek, pada dasarnya layanan ini dapat membantu anda dengan apa pun yang dapat anda lakukan dengan Photoshop.

Atau anda juga dapat menggunakan sesuatu yang sederhana seperti Faststone Image Viewer, atau editor foto online Canva (yang tidak mengharuskan anda menginstal apa pun). Ini keajaiban perangkat lunak yang kuat dan bebas untuk digunakan. Manfaatkan sebaik-baiknya.

Menggunakan gambar anda sendiri di setiap posting blog bisa menjadi masalah jika topik anda tidak teknis atau nyata. Pilihan yang baik adalah menggunakan foto stok bebas royalti dari situs-situs seperti unsplash.

Jika anda perlu mengambil tangkapan layar dari pekerjaan anda, langsung dari desktop anda, cukup tambahkan program seperti Snipaste dari Microsoft Store (ada juga versi desktop).

Gunakan Media Sosial untuk Keuntungan Anda

Facebook bagus untuk terhubung dengan teman-teman, tetapi jika pekerjaan adalah apa yang anda cari, maka anda tidak akan menemukannya di sana. Linkedin adalah jejaring sosial yang luar biasa untuk mencari pekerjaan. Manfaatkan sepenuhnya itu dengan menambahkan koneksi dan meningkatkan jaringan anda. Jangan takut untuk memposting artikel anda di jaringan yang ada dan perkenalkan diri anda kepada kontak yang mungkin tertarik dengan pekerjaan anda.

Saya pribadi tidak menyarankan berlangganan jaringan kerja seperti Fiverr kecuali anda senang bekerja dengan bayaran yang hampir gratis. Situs web pekerjaan online dipenuhi dengan persaingan sehingga hampir tidak mungkin untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. So 10 kali lebih baik untuk membuat koneksi anda sendiri dan menemukan pemilik bisnis yang tertarik untuk memposting konten setiap minggu. Melompat dari pekerjaan acak ke pekerjaan acak lainnya adalah solusi yang akan menghabiskan energi anda dalam jangka panjang.

Aktiflah di Komunitas Niche Anda

Saya tahu saya menyebutkan bahwa Facebook buruk untuk pekerjaan tetapi salah satu kegunaan terbaiknya adalah grup. Baik itu komunitas pengembang, komunitas fotografi atau topik apa pun yang menurut anda menarik. Bergabung dengan grup adalah cara yang baik untuk menemukan dan mengenal audiens anda untuk konten setelah anda menjadi penulis lepas. Selalu tanyakan kepada manajer grup atau komunitas apakah penerbitan konten eksternal diizinkan. Posting pekerjaan anda di Grup Facebook adalah cara yang sangat berguna untuk memperluas audiens, menjangkau, dan prospek potensial anda.

Jangan Takut untuk Berbicara

Jadi, tugas pertama anda sudah siap dan anda masih tidak tahu harus berkata apa. Pernahkah ini terjadi pada anda sebelumnya? Jangan takut untuk berbicara. Jangan tinggal diam. Katakan sesuatu. Bersikap sopan tetapi jangan sembunyikan motivasi anda yang sebenarnya.

Orang ingin membaca artikel yang jujur, bahkan jika itu bersifat teknis. Perusahaan tidak akan tersinggung jika anda menulis sesuatu yang negatif, asalkan itu terhormat dan ditulis dengan baik. Anda telah melepaskan rasa takut akan orang yang tidak menyukai konten anda. Akan selalu ada orang yang tertarik dengan apa yang anda katakan.

Pertahankan Lingkungan yang Sehat

Setelah beberapa waktu menulis untuk blog maka anda akan segera mengetahui bahwa pekerjaan anda akan diedit, berulang kali. Itu normal. Anda harus melepaskan ego anda dengan berpura-pura bahwa pekerjaan anda selalu merupakan karya seni. Meskipun bisa jadi seperti itu, blog atau majalah yang serius akan memiliki editor. Orang-orang itu bertugas mengutak-atik konten, menyesuaikannya agar sesuai dengan tujuan majalah dan rasanya benar-benar normal untuk diedit.

Tapi jangan biarkan pekerjaan pengeditan berjalan tanpa hambatan. Terlalu banyak pengeditan dapat mengubah pesan utama di dalam artikel anda. Sebagai aturan umum jika konten yang diedit tidak mengubah ide anda secara mendasar, maka itu tidak masalah. Namun jika anda curiga bahwa suntingan khusus mengubah artikel dengan cara yang mendasar, maka anda perlu memastikan untuk mengomunikasikannya kepada editor.

Memberi tahu atasan anda bahwa penyuntingan sudah terlalu jauh adalah cara yang waras untuk memelihara lingkungan yang sehat, asalkan anda melakukannya dengan hormat dan sopan santun.

Menjadi Penulis Lepas dan Nikmatilah!

Anda dapat menulis beberapa artikel yang luar biasa dan mungkin beberapanya tidak begitu bagus. Itu yang diharapkan. Jangan memaksakan diri anda untuk menulis karya agung setiap kalinya. Ingatlah bahwa untuk menjadi penulis lepas anda perlu dedikasi dan komitmen. Seiring waktu, artikel anda akan terus membaik. Caranya adalah dengan benar-benar menikmati untuk menulisnya. Jika anda berhasil menyeimbangkan komitmen dengan kesenangan, maka anda akan mendapatkan yang terbaik dari keduanya. Siapa yang tidak mau itu?

Apakah anda memiliki pertanyaan lain tentang bagaimana menjadi penulis lepas? Atau apakah anda seorang freelancer dengan lebih banyak kiat untuk dibagikan? Tinggalkan komentar dan kami akan senang mendengar dari anda! Terimakasih.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Berlangganan Gratis

Dapatkan update terbaru langsung di email anda

Kami tidak akan mengirim spam