Blogger & WordPress adalah dua platform blogging yang paling sering di perbandingankan. Jika anda akan memulai sebuah blog, anda mungkin pernah mendengar orang-orang membicarakan tentang istilah Blogger dan WordPress dan pastinya anda memiliki beberapa pertanyaan. Seperti, apa sih perbedaan antara WordPress dan Blogger? Dan platform blog mana yang terbaik untuk anda?

Blogger Vs WordPress: List Komplit Perbandingan

Memulai blog sebenarnya cukup mudah. Namun, jika anda baru mengenal blog, akan sangat wajar jika anda bertanya-tanya pada diri sendiri tentang pertanyaan-pertanyaan ini. Memilih platform blogging adalah salah satu keputusan paling penting yang harus anda buat di awal. Jadi ketika hadir pilihan Blogger vs WordPress, ada baiknya untuk mengetahui pro dan kontra dari masing-masing platform tersebut.

Saya mengulas hal ini di kedua platform, jadi perbandingan ini didasarkan pada fakta yang ada dan pengalaman pribadi saya sendiri.

Alasan Anda Ingin Memulai Sebuah Blog?

Sebelum mengulas lebih dalan perbandingan WordPress dan Blogger lengkap dan melihat pro dan kontra dari setiap platform tersebut, saya pikir penting bagi anda untuk memahami apa yang ingin anda capai dengan blog anda. Jadi, inilah beberapa poin yang perlu anda pertanyakan pada diri sendiri:

  • Apakah anda ingin memulai blog hobi sederhana atau anda ingin menghasilkan uang dengan blog anda? Blogger akan lebih leluasa jika semua yang anda inginkan adalah hanya menuliskan pemikiran anda untuk keluarga dan teman anda. Namun, jika anda ingin memonetisasi blog anda (sekarang atau nanti), WordPress memiliki semua fitur yang anda butuhkan untuk mengembangkan blog anda menjadi sebuah bisnis.
  • Apakah anda ingin membangun branding? Blogger sangat terbatas dalam hal desain dan fungsionalitas, jadi membangun merek di Blogger kurang baik. Dalam hal ini, WordPress jelas merupakan taruhan terbaik anda.

Perbandingan Blogger dan WordPress

Di sini saya mengumpulkan daftar pro dan kontra yang diharapkan akan menjawab semua pertanyaan anda. Untuk menghindari kebingungan, saya ingin menunjukkan bahwa perbandingan ini adalah antara WordPress.org atau WordPress Self Hosted (WordPress yang di install di dalam hosting) dan Blogger, bukan WordPress.com vs Blogger. Juga, perlu diingat bahwa Blogger dan Blogspot adalah satu dan sama.

Blogger (Blogspot)

  1. Gratis.
  2. Konten anda di host di server Google dan mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan dengannya.
  3. URL blog anda akan berakhir di blogspot.com. Namun anda dapat membeli domain khusus dengan perkiraan sekitar Rp. 130.000 setahun.
  4. Mudah dipelajari dan digunakan jika anda sedang membangun blog sederhana.
  5. Cukup banyak tutorial untuk membantu anda meningkatkan dan mengembangkan blog anda.
  6. Kustomisasi sangat terbatas, dengan hanya beberapa template yang tersedia. Membuat perubahan membutuhkan pengetahuan HTML dan CSS dan bisa mengacaukan hal-hal yang ada jika anda tidak begitu faham cara mengeditnya.
  7. Dukungan yang sangat terbatas di pihak Blogger. Anda tidak akan menemukan banyak informasi yang mendetail tentang platform ini.
  8. Blogger tidak menawarkan bantuan apa pun dengan SEO. Selain itu, tema dengan kode yang buruk dapat merusak SEO anda tanpa anda menyadarinya.
  9. Anda tidak dapat mempersonalisasi struktur tautan anda, yang berarti URL posting blog anda akan selalu menyertakan tanggal saat posting pertama kali diterbitkan.
  10. Sistem moderasi komentar kurang baik. Membalas semua pesan membutuhkan langkah-langkah tambahan.
  11. Banyak perusahaan periklanan tidak selalu menganggap serius blog Blogger, jadi tidak selalu mudah untuk memonetisasi blog anda di beberapa layanan monetisasi blog.

WordPress

  1. Berbayar! WordPress sebagai platform blogging gratis. Namun, untuk menggunakannya, anda memerlukan host web dimana anda harus membelinya.
  2. Anda memiliki kontrol penuh atas blog anda dan kontennya.
  3. WordPress adalah platform profesional, yang berarti memiliki sedikit kurva pembelajaran, tetapi keterampilan ini layak dipelajari.
  4. Anda dapat menemukan tutorial dan semua yang anda butuhkan bantuan. Komunitas WordPress sangat aktif.
  5. Ada ribuan tema WordPress gratis dan berbayar yang tersedia. Apa pun niche dan kebutuhan anda, anda dijamin akan menemukan tema yang tepat untuk anda.
  6. Ada komunitas yang sangat aktif di ranah WordPress. Setiap tema dan plugin memiliki forum dukungannya sendiri. Ada banyak blog dan bahkan perusahaan spesialis yang menawarkan dukungan gratis dan premium. Grup Facebook juga bermanfaat.
  7. Ada banyak plugin SEO gratis dan berbayar yang dapat anda pasang untuk meningkatkan peluang anda ditemukan di Google atau mesin pencari lainnya.
  8. Anda dapat mempersonalisasi struktur tautan anda.
  9. Ada banyak plugin tangguh yang secara otomatis membersihkan komentar spam untuk anda.
  10. Blog WordPress dianggap profesional. Tidak ada batasan dan anda dapat memonetisasi blog anda sesuka hati anda.

Saya harap perbandingan Blogger vs WordPress ini akan membantu anda menghindari memulai dari platform blogging yang salah, yang merupakan salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan blogger pemula. Intinya anda bisa memulai blog dari kedua platform di atas sesuai keperluan dan kebutuhan anda.

Baiklah mari kita lihat lebih dekat semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Blogger dan WordPress yang saya rincikan di bawah ini.

1. Nama Domain Kustom

Jika anda ingin lebih serius di blogging dan anda ingin memiliki branding di internet, maka anda akan pastinya ingin memilih domain sendiri. Baik Blogger maupun WordPress memberikan anda opsi ini.

Blogger

  • Setelah anda membuat blog anda dengan subdomain blogspot.com, cukup buka ‘Pengaturan’. Anda akan menemukan opsi untuk menambahkan domain anda sendiri. Blogger akan menangani ini untuk anda dan biaya domain hanya sekitar 130.000 rupiah per tahun.
  • Anda memiliki opsi untuk memilih hidden Who Is untuk melindungi informasi anda (seperti nama dan alamat anda) dari hal yang tidak diinginkan.

WordPress

  • Saya sarankan anda membeli domain anda bersamaan dengan paket hosting anda sehingga anda tidak perlu membuang waktu untuk mengubah nama DNS server nantinya. Banyak perusahaan web hosting yang saya rekomendasikan, memberi anda domain GRATIS saat anda membeli hosting mereka. Ini sangat mudah dilakukan dan anda tidak akan kebingungan.
  • Registrasi hidden Who Is dapat dibeli sekaligus dengan domain anda.

2. Web Hosting

Sama seperti manusia yang tinggal di rumah, blog hidup di dalam server. Server dapat disewa dari perusahaan layanan web hosting.

Blogger

  • Hosting blog gratis unlimited.
  • Anda akan berbagi server dan sumber daya yang ada dengan banyak blog lainnya. Seiring dengan pertumbuhan situs blog anda, satu-satunya cara untuk pindah ke server khusus adalah dengan mengubah platform blogging yang berbeda, seperti WordPress atau Joomla yang bisa menjadi proses yang cukup rumit, memakan waktu dan berisiko (anda bisa kehilangan sebagian konten anda posting kemungkinan besar sering mengalami kerusakan).
  • Akun hosting gratis Blogger memiliki batasan tertentu. Misalnya, anda tidak memiliki akses .htaccess yang sangat diperlukan, anda juga tidak bisa memblokir IP atau bot jahat.
  • Blogger dilengkapi dengan ruang penyimpanan gambar gratis unlimited.

WordPress

  • Meskipun WordPress.com menawarkan hosting blog gratis, pembatasannya sangat mengganggu (seperti tidak mengizinkan anda memasang iklan sehingga anda tidak akan dapat menghasilkan uang dengan blog anda). Itu sebabnya dalam artikel ini, saya hanya berbicara tentang WordPress.org yang di-hosting sendiri.
  • Pertama-tama, anda harus menemukan layanan hosting web. Saya merekomendasikan beberapa layanan hosting terbaik untuk hampir semua orang dan untuk blogger baru.
  • Menyiapkan akun hosting tidak hanya sangat mudah tetapi juga cukup murah. Seperti yang disebutkan sebelumnya, layanan hosting bahkan memberi anda nama domain gratis dengan paket anda!

3. Tingkat kesulitan

Blogger

  • Blogger mungkin adalah yang termudah untuk menggunakan platform blogging. Platform ini intuitif, jelas dan anda dapat memiliki blog dalam hitungan menit.
  • Jika anda ingin menghasilkan uang dengan menayangkan iklan, platform ini terintegrasi dengan baik dengan AdSense (produk Google itu sendiri).
  • Dasbor Blogger mudah digunakan, dengan hanya beberapa opsi, sehingga tidak akan membuat anda kewalahan.

WordPress

  • WordPress adalah mesin web berbasis PHP dengan sumber terbuka, yang berarti ada banyak orang di seluruh dunia yang mengerjakannya dan meningkatkannya setiap saat
  • Platform ini diperbarui secara berkala dan selalu ada rilis keamanan dan pemeliharaan rutin.
  • Meskipun dashboard WordPress lebih kompleks dan dapat mengintimidasi pada awalnya, namun anda akan terbiasa dengan cukup cepat.
  • Editor Gutenberg yang baru sangat intuitif dan ramah bagi pemula. Ini berarti anda dapat membuat posting blog yang kaya konten tanpa menyentuh satu pun koding apapun.

4. Kustomisasi & Fungsionalitas

Blogger

  • Untuk urusan kustomisasi, ada banyak yang dapat anda lakukan di Blogger. Namun anda harus siap untuk berkompromi dan terbiasa dengan gagasan bahwa segala sesuatu tidak akan selalu terlihat seperti yang anda inginkan. Jika anda ingin blog anda terlihat mirip dengan beberapa blog favorit anda, saran terbaik saya adalah mulailah belajar dan terbiasa dengan script HTML dan CSS atau lebih simpelnya membeli template yang sesuai dengan keninginan anda.
  • Di bagian tata letak, anda akan menemukan berbagai jenis gadget untuk fitur yang anda inginkan.
  • Kelemahannya adalah bahwa gadget yang ada di Blogger cukup mendasar. Namun, kabar baiknya adalah anda memiliki opsi untuk menambahkan HTML / Javascript sendiri.
  • Anda dapat mengedit semua kode template anda di satu tempat. Di dasbor anda, buka Template >> Edit HTML. Gunakan ini hanya jika anda tahu apa yang anda lakukan, jika anda kurang yakin, anda bisa mengontrak orang yang ahli di bagian ini.

WordPress

  • Kustomisasi WordPress? Maka langit adalah batasnya. Sangat bebas tanpa pembatasan.
  • Plugin WordPress adalah add on yang memperluas fungsionalitas blog anda dan ada banyak plugin untuk semuanya! Serius, ada puluhan ribu plugin yang tersedia di repositori WordPress, dan selalu ada yang baru ditambahkan setiap harinya.
  • Anda dapat dengan mudah memperluas fungsionalitas blog anda dengan bantuan plugin pembuat halaman freemium (Elementor yang terbaik menurut saya).
  • Kode sumber blog WordPress anda dibagi menjadi beberapa file. Jika anda seorang pemula, untuk menemukan baris kode yang anda cari bisa menjadi tugas yang berat.

5. Desain

Blogger

  • Secara default, Blogger memiliki serangkaian template gratis bawaan yang sangat terbatas. Anda dapat menyesuaikannya, tetapi hasilnya tidak akan lebih baik kecuali anda adalah seorang jagoan koding.
  • Anda dapat menemukan lebih banyak template dengan pencarian Google. Dan tema-tema ini bukanlah template Blogger resmi, sebagian besar tema berbayar, dan sebagian lagi template gratisan, ada baiknya menggunakannya dengan hati-hati dan membuat cadangan blog anda sebelum mengunggahnya karena dapat merusak blog anda jika anda kurang berpengalaman dalam mensettingnya. Banyak dari template ini telah diadaptasi dari tema WordPress dan pengkodeannya mungkin memiliki beberapa kekurangan, yang dapat membahayakan SEO anda jika anda salah memilih template.

WordPress

  • Ada sejumlah besar tema WordPress gratis dan premium yang tersedia dan dapat diinstal langsung dari dasbor WordPress anda.
  • Tema WordPress favorit saya adalah Divi by Elegant Themes. Ini adalah tema yang sangat fleksibel yang dapat di kustomisasi menjadi apa pun yang anda inginkan dan dapat dengan mudah disesuaikan dengan niche blogging apa pun.
  • Opsi hebat lainnya adalah StudioPress. Tema milik mereka dikodekan dengan baik, indah, SEO friendly, ringan dan cepat serta memiliki banyak pilihan tema yang cocok untuk semua jenis ceruk.

6. Tingkat Responsif

Blogger

  • Anda dapat menghidupkan dan mematikan versi seluler blog anda dan memilih antara berbagai template seluler di dasbor Blogger.
  • Dan tampilan responsif ada juga yang di kontrol oleh template responsif itu sendiri yang akan membantu anda dalam upaya membangun blog anda sekaligus menawarkan pengalaman pengguna yang baik. Template berbayar atau gratisan juga pada umumnya sudah responsif.

WordPress

  • Di WordPress, blog responsif sama dengan tema responsif, yang berarti anda harus memperhatikan detail ini sebelum anda memasang dan mempersonalisasikan tema anda.
  • Berita baiknya adalah bahwa sebagian besar tema saat ini, terutama yang premium sudah responsif.

7. Dukungan

Blogger

  • Terlepas dari beberapa dokumentasi online, tidak ada banyak dukungan dari pihak Blogger sendiri.
  • Anda harus beralih ke pencarian Google untuk mencari jawabannya, yang mungkin ada atau tidak tersedia. Pihak Blogger sepertinya tidak begitu perduli dengan masukan atau kritikan yang ada.

WordPress

  • WordPress memiliki forum dukungannya sendiri yang sangat membantu anda dan juga sangat aktif. Ada begitu banyak pengembang dan pengguna WordPress di luar sana, kecil kemungkinan anda tidak akan menemukan bantuan.
  • Grup Facebook juga dapat membantu.
  • Perusahaan layanan hosting anda sendiri mungkin dapat membantu anda dengan masalah tertentu.
  • Jika semuanya gagal, anda bisa mencoba dukungan premium.

8. Monetisasi

Blogger

  • AdSense adalah produk Google, karenanya, ini adalah bagian dari dasbor Blogger maka akan mudah digunakan.
  • Anda dapat menempatkan konten yang disponsori selain adsense, iklan spanduk, tautan teks sponsor, tautan afiliasi, dll.

WordPress

  • Ada beberapa plugin AdSense yang bisa anda pilih.
  • Anda dapat menginstal WooCommerce, platform eCommerce paling populer di web dan menjual produk dan layanan anda sendiri.
  • Anda dapat memonetisasi blog anda sesuka hati anda (posting sponsor, tautan afiliasi, eBook, dll.)

9. Gambar & Media

Blogger

  • Semua akun Blogger dilengkapi dengan ruang disk penyimpanan unlimited atau tidak terbatas. Dan ini sangat memuaskan.
  • Namun, melihat-lihat atau mencari salah satu foto yang telah anda upload dalam jumlah banyak bisa menjadi tugas yang melelahkan.

WordPress

  • Anda memiliki ruang disk sebanyak yang anda beli dengan paket hosting anda
  • Perpustakaan Media (Media Library) adalah sang penyelamat. Anda dapat melihat dan mengelola semua gambar, video, dan file lainnya dari satu layar.
  • Mencari gambar yang telah anda upload sangat mudah.

10. SEO

Blogger

  • Posting blog baru di index oleh google secara instan.
  • Desain responsif terlepas dari template yang anda gunakan (default Blogger atau dari tema lainnya). Namun, menggunakan template yang kurang baik akan menghasilkan banyak kesalahan koding yang dapat membahayakan SEO anda.
  • Server Blogger dapat diandalkan dan hampir tidak ada downtime karena ini adalah milik Google.

WordPress

  • Posting blog baru memerlukan beberapa hari untuk diindeks, ini tergantung pada seberapa sering anda mempublikasikan konten baru dan berapa sering anda mensubmit URL anda di webmaster mesin pencari.
  • Anda harus memastikan anda menggunakan tema responsif yang dioptimalkan untuk SEO.
  • Tema WordPress memiliki kesalahan jauh lebih sedikit daripada template Blogger
  • Mungkin ada beberapa downtime, tergantung pada hosting yang anda gunakan. Jika anda tidak puas dengan host web anda, pertimbangkan untuk bermigrasi ke hosting yang lain.

11. Kepemilikan

Blogger

  • Sudah ada banyak pembicaraan tentang apakah anda memiliki blog anda sendiri atau tidak di Blogger? Konten tersebut milik anda, tetapi dihosting di server Blogger milik Google. Jadi adalah praktik terbaik untuk membuat cadangan blog anda dari waktu ke waktu, untuk berjaga-jaga. Untuk melakukannya, buka Pengaturan >> Lainnya >> Ekspor blog.
  • Google mungkin memutuskan untuk menutup Blogger kapan saja dan menghapus blog anda bersamaan dengannya. Namun, kecil kemungkinan mereka akan melakukannya tanpa peringatan
  • Sama seperti Facebook dan jejaring sosial lainnya, Google berhak untuk menggunakan dan mendistribusikan konten anda.

WordPress

  • Karena blog anda di-host dengan host web pilihan anda sendiri, maka blog anda dapat dipastikan milik anda dan anda memiliki kontrol penuh. Namun merupakan praktik yang baik untuk anda membuat cadangan blog anda sesekali. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan plugin seperti Updraft Plus.
  • Namun ini tidak berarti Google tidak dapat menghukumnya atau melarang anda dari AdSense atau hasil pencarian jika anda melanggar persyaratan dan layanan mereka.

12. Komentar & Moderasi

Blogger

  • Sistem komentar bawaan Blogger menawarkan terlalu banyak opsi yang bisa membingungkan dan anda di wajibkan untuk memiliki akun google untuk bisa berkomentar. Kecuali anda menggunakan Disqus atau komentar Facebook yang anda install sendiri di dalam template anda.
  • Tidak ada cara untuk mengelola komentar spam sehingga anda harus membaca semua komentar satu per satu dan menyetujui atau menghapusnya. Ini bisa sangat memakan waktu. Kita tahu blog cenderung mendapat banyak komentar spam. Memang Blogger sudah otomatis menjaring komentar spam namun sesekali masih juga komentar-komentar spam tersebut menyerbu blog anda.

WordPress

  • Anda dapat menggunakan sistem komentar WordPress, Disqus, CommentLuv, dll.
  • Komentar dapat diedit oleh admin sehingga anda tidak akan berakhir dengan banyak kata yang salah eja.
  • WordPress membuatnya sangat mudah untuk membalas komentar pembaca langsung dari dasbor anda.
  • Ada banyak plugin, seperti Akismet dan Antispam Bee yang secara otomatis akan menghapus komentar spam sehingga anda tidak perlu membaca lusinan komentar ofensif setiap hari.

13. Keamanan dan Spam

Blogger

  • Blogger pada umumnya sangat aman. Sejujurnya, saya belum pernah mendengar ada pengguna Blogger yang mengeluh telah diretas.
  • Komentar spam ada di sana. Blogger melakukan yang terbaik untuk memfilternya, tetapi yang terbaik sering kali juga tidak cukup baik.

WordPress

  • WordPress cukup aman, tetapi karena ini adalah solusi CMS yang di hosting sendiri maka anda bertanggung jawab untuk keamanan dan cadangan yang ada. Ada banyak plugin yang membuat tugas ini lebih mudah bagi anda.
  • Blog WordPress lebih cenderung bisa diretas dan atau mendapat serangan DDOS.

Kesimpulan Blogger vs WordPress

Memilih platform blogging untuk blog baru anda seharusnya mudah. Mungkin perbandingan Blogger vs WordPress ini membuat anda memperhatikan banyak pro dan kontra yang belum pernah anda pikirkan sebelumnya. Namun, satu-satunya keuntungan jelas yang dimiliki Blogger adalah GRATIS!

Di sisi lain, WordPress adalah platform blog yang divalidasi secara sosial yang digunakan oleh beberapa merek terbesar di dunia (pikirkan BBC, The New Yorker, Sony Music, TechCrunch, Time Inc, Walt Disney, dan bahkan Beyonce).

Jika anda serius tentang blogging dan anda ingin orang lain juga menganggap anda serius, maka saya sangat menyarankan anda membuat blog WordPress yang di-hosting sendiri. Saya berharap postingan kali ini dapat membantu anda untuk memutuskan dan memilih antara Blogger dan WordPress.

Sekarang saatnya membuat blog anda sendiri. Jika anda membutuhkan bantuan untuk mensetting blog atau website anda, maka anda bisa menghubungi kami untuk bantuan yang anda perlukan. Semoga bermanfaat dan Wassalamualaikum.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment

Berlangganan Gratis

Dapatkan update terbaru langsung di email anda

Kami tidak akan mengirim spam